IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KPFI-RI Propinsi Riau: PT SRL Melanggar Hukum

IndonesiaBicara.com-Pekanbaru, (13/10/11). Hutan di Riau merupakan potensi alam yang sangat luar biasa. Namun sering kali para pengelola hutan dengan seenaknya menguras kekayaan yang ada tanpa memikirkan akibatnya. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan PT Sumatera Riang Lestari (SRL) pada hutan di Riau. Temuan dari LSM Komisi Pencari Fakta Independen Republik Indonesia (KPFI-RI) Propinsi Riau mendapati bahwa PT SRL telah melanggar beberapa Undang-Undang.

“Dalam penerbitan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu-Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) milik PT SRL, terjadi kejanggalan, karena berada pada lahan yang produktif dan masuk kawasan lindung menurut Rencana Tata Ruang Wilaya Provinsi Riau (RTRWP) 1994, serta merupakan lahan gambut yang memiliki kedalam 3 meter. Hal ini jelas melanggar UU Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2002 tentang Tata dan Penyusunan Kawasan Hutan, serta Keputusan Presiden No.32 Tahun 1990 tentang pengelolahan Kawasan Lindung,” ujar Zenal Efendi, Direktur Eksekutif LSM KPFI-RI Provinsi Riau.

Untuk itu, Tim Investigasi dari LSM KPFI-RI Prov Riau meminta kepada Kepolisian untuk melakukan penyidikan terhadap PT SRL dalam beberapa hal, seperti keabsahan perizinan PT SRL, Rencana Kerja Tahunan (RKT) sesuai dengan lokasi PT SRL, tata Batas PT SRL, dan tentang pengambilan kayu serta dokumen pengangkutan Kayu dari areal PT SRL.

Selanjutnya juga perlu dilakukan penyelidikan mengenai pembayaran hasil Produksi Kayu PT SRL, serta tentang pencaplokan areal yang telah diusahakan masyarakat dan ditanami HTI tanpa RKT dan Tata Batas dengan cara paksa. (MM)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.