IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Konjen Australia Tertarik Jalin Kerjasama Dengan Karangasem

Mr Lex Bartlem Bicara Empat Mata Dengan Bupati I Wayan Geredeg

Indonesiabicara.com-Amlapura, (30/06/10). Pihak Konsulat Jendral Australia Mr Lex Bartlem tertarik melakukan kerjasama dengan Pemkab Karangasem dalam berbagai bidang pembangunan. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Karangasem ia mengaku, sangat terkesan dengan kemajuan Karangasem dibawah kepemimpinan Bupati I Wayan Geredeg. Mr Lex Bartlem mengatakan mengetahui kemajuan Karangasem dari berbagai media massa yang senantiasa diikutinya. Untuk itu pihak Konjen Australia akan merintis kerjasama dengan Pemkab Karangasem dalam berbagai bidang pembangunan. Khusus menyangkut pembangunan bidang kesehatan, dalam waktu dekat Lex Barthem akan melakukan kunjungan tersendiri untuk melihat kondisi RSUD Karangasem. Konjen Australia sebelumnya pernah membantu rumah sakit lainnya di kawasan wisata Ubud.

Kerjasama tersebut nantinya bakal dibuat rencana terlebih dahulu melalui suatu tindaklanjut pertemuan untuk memperoleh kesepakatan dalam melakukan berbagai kegiatan pembangunan untuk mendorong kemajuan Karangasem untuk dapat tuntas terlepas dari predikat ketertinggalan. Selama ini Karangasem sudah mencatat kemajuan cukup signifikan seperti memperoleh prestasi berbagai bidang antara lain meraih Adipura, Adiwiyata, Wahana Tata Nugraha, prestasi dalam bidang penghijauan dan pertanian, Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi serta aneka prestasi lainnya dibidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan lainya.

Ditambahkannya, dibidang kepariwisataan antara Bali dan Australia sudah sangat lekat mengingat kunjungan wisatawan Australia ke Bali meningkat 23 % sehingga menempati posisi 60% kunjungan wisatawan ke Bali. Bahkan jumlah perhari wisman Australia yang datang ke Bali mencapai rata-rata 1.300 orang dalam 100 kali penerbangan.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, mengatakan Pemkab Karangasem selama ini telah melakukan rintisan kerjasama dengan berbagai negara seperti Jepang khususya dengan Wali Kota Kamakura, Propinsi Hibaraki Jepang, untuk bidang ketenagakerjaan, dengan pihak Belanda dan masyarakat Australia dalam bidang kesehatan khususnya alat-alat kesehatan. Untuk prospek kerjasama dengan Konjen Australia nantinya akan difokuskan pada bidang penghijauan. Hal ini menurut Bupati Geredeg, lebih berkaitan dengan kondisi lingkungan global dan regional sebagai salah satu sektor terpenting kini dan dimasa depan. Penghijauan dan kelestarian lingkungan merupakan basis utama ketersediaan sumber daya pembangunan secara berkelanjutan. Bahkan Karangasem dalam pembangunan penghijauan telah menuai prestasi sebagai Bupati Manggala Penghijauan, Juara Penghijauan Gerhan se-Bali, Juara I Kelompok Tani Kembang Lestari dan Juara I Petani Teladan Nasional tahun 2010. (Din/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.