IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Komang: Hanya Sekitar 20% Pelanggan Yang Menerima Kenaikan Tarif

Wawancara: Komang Arta Suyasa (Manajer PLN Cabang Kendari) Terkait Rencana Kenaikan Tarif Dasar Listrik

Indonesiabicara.com–Kendari, (29/06/10). Sebelumnya kami informasikan sampai saat ini, kami belum dapat ketentuan pelaksanaan yang jelas, kami masih menunggu dari pemerintah. Kenaikkan tarif dasar listrik (TDL)  ini adalah kesepakatan antara Pemerintah dengan DPR RI. Namun demikian, sebagai informasi umum konsep kenaikkan TDL adalah untuk mengurangi subsidi kepada masyarakat yang mampu, sehingga untuk pelanggan 450 – 900 VA tidak mengalami kenaikan, hanya pelanggan yang diatas tersebut yang mengalami kenaikan.

Khusus Cab. Kota Kendari hampir 80% dikenakan tarif tetap, kenaikan tarif memang beragam dan kami juga belum dapat data detailnya mengenai konsep kenaikan tersebut. Terkait dengan pelayanan PLN, sebenarnya dengan naik ataupun tidak naiknya TDL, PLN Cab. Kendari selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanannya, salah satu bentuknya kita mengurangi pemadaman bergilir dan sudah bisa kita atasi pada 31 Maret 2010 di Kota Kendari.

Terkait disisi pelayanan, kami juga melakukan terobosan program listrik prabayar untuk pelanggan-pelanggan pasang baru, dengan adanya listrik prabayar pelanggan diharapkan mampu untuk mengontrol pemakaiannya. Apabila pelanggan mampu melakukan penghematan tentunya akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini menjadi daftar tunggu untuk bisa menikmati listrik.

Disisi lain kami juga sudah membuat website untuk melakukan komunikasi kepada pelanggan, sehingga kami juga mendapatkan masukan dari pelanggan.

Pelanggan yang tidak dikenakan kenaikan tarif hanya untuk pelanggan dengan daya 450 – 900 VA, itupun juga bervariasi. Untuk pelanggan Kota Kendari hanya sekitar 20% yang akan mengalami kenaikan tarif, jadi konsep kenaikan tarif ini ini hanya untuk mengurangi subsidi. Sangat sederhana, jadi pada saat PLN menaikan tarif, subsidinya dikurangi, sehingga uang yang dibayarkan oleh pelanggan sebenarnya tetap.

Terkait masalah black out, saat ini sudah kami atasi dan kita sudah lakukan resaving , kita sudah periksa jaringan-jaringan kita dan kita pantau peralatan baru, karena selama ini penyebabnya berasal dari faktor eksternal. Jaringan kita ini adalah jaringan terbuka dan pada saat musim hujan, pengaruh cuaca yang menghantam trafo kita akan otomatis dirasakan oleh sistem. (KmK)

1 komentar untukKomang: Hanya Sekitar 20% Pelanggan Yang Menerima Kenaikan Tarif

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.