IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KNPB: Kongres Papua III Belum Saatnya Sekarang

IndonesiaBicara-Manokwari, (24/09/11). Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menolak dengan tegas Kongres Papua III yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan karena terkesan terburu-buru, diharapkan kongres dapat diundur pelaksanaannya. Staf Ahli Sekretaris KNPB Pusat Ones Suhun mengatakan dirinya tidak menolak Kongres Papua III, hanya belum saatnya dilaksanakan sekarang. Saat ini masih banyak yang harus dipersiapkan dan dibenahi.

“Kita harus mengambil pelajaran dari yang lalu karena secara struktural, kerja Presidium Dewan Papua (PDP) telah gagal menjamin aspirasi rakyat Papua sesuai dengan Mandat Kongres II. Rakyat Papua Barat saat ini telah terlanjur terhipnotis dengan janji-janji, sehingga kita tidak mau gagal lagi dalam Kongres III ini,” tegas Ones.

Apabila PDP tetap melaksanakannya, mereka harus terlebih dahulu mempertangungjawabkan hasil Kongres tahun 2000 yang lalu dan PDP tidak boleh lagi berdiri di belakang Dewan Adat. Lebih lanjut Ones menuturkan kepada IndonesiaBicara di depan halaman Aula UNIPA, jangan sampai hal ini menjadi pertanyaan masyarakat lagi dan ini merupakan hal yang sangat sangat mendasar.

Pokok penolakan KNPB atas Kongres III ini karena terkesan didorong oleh sekelompok elit politik. “Jangan sampai mereka memanfaatkan keadaan, kita harus kembali melihat otak di balik Kongres III ini yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 16-19 Oktober 2011 di Jayapura. Semua ini harus disikapi dengan hati-hati oleh rakyat Papua Barat, harus dilihat dengan kesadaran dari rakyat sendiri,” ungkapnya.

Ones juga menyampaikan kepada kawan-kawannya yang berada dalam elemen-elemen lain untuk mengingat fungsi, peran, tujuan dan target masing-masing. (irsye)

2 comments untukKNPB: Kongres Papua III Belum Saatnya Sekarang

  • Zeruya

    Dalam setahun, orang2 yang mengaku sebagai pejuang Tanah Papua telah membuat 2 buah kongres / konferensi, tapi kedua tidak membuahkan hasil, bahkan di bulan Oktober ini, mereka mau bukin kongres lagi. Janganlah nasib rakyat Papua dipermainkan untuk mencari uang dan jabatan sebagai kepala daerah.

  • bukan pengamat politik

    mana yang lebih baik yaaaa” Merdeka atau tetap menjadi bagian NKRI?
    mngkin diluar topik tp itu sdh.., sesuai nama..heheheeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee ^_^

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.