IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Ketua Umum PAN Harus Memiliki Jaringan Yang Luas

IndonesiaBicara-Tangerang Selatan. Musyawarah Nasional PAN akan digelar 8-10 Januari 2010 mendatang di Batam, Kepulauan Riau. Nama-nama yang akan masuk bursa pencalonan sudah mulai terdengar, nama tersebut diantaranya adalah Hatta Radjasa dan Drajad Wibowo.

Menurut Tb Rachmatullah yang juga Anggota DPRD Kab Tangerang dari PAN saat dihubungi IndonesiaBicara.com, mengungkapkan bahwa ia menginginkan agar calon Ketua Umum DPP PAN mempunyai integritas dan jaringan yang luas serta memiliki kompentensi tinggi untuk kemajuan Partai. “Ketua Umum haruslah yang punya integritas dan jaringan luas kemasyarakat maupun Pemerintah”, jelas Rachmatullah.

“Memang sudah ada beberapa nama yang beredar diantaranya Hatta Radjasa dan Drajad Wibowo, masing-masing memiliki kans yang sama” imbuhnya.

Sementara itu Pengurus Cabang Muhammadiyah Ciputat Drs Abdul Qohir mengatakan PAN memang dilahirkan dari kalangan Muhammadiyah, namun dijelaskan Abdul Qohir bahwa Muhammadiyah tidak memiliki hak suara pada Munas PAN mendatang. “Muhammadiyah hanya melahirkan PAN, setelah itu Muhammadiyah secara organisasi tidak punya hak suara (dalam Munas)”.

Abdul Qohir hanya memberikan saran, Calon Ketua Umum DPP PAN lebih baik yang dekat dengan kekuasaan, agar nantinya mudah melakukan koreksi-koreksi jika kebijakan Pemerintah salah.

“PAN bisa dikatakan saat ini adalah salah satu Partai pemerintah, namun bukan berarti PAN harus selalu mendukung kebijakan Pemerintah, jika Pemerintah keluar jalur maka harus diberi masukan,” kata Abdul Qohir.

Abdul Qohir mengambil contoh seperti halnya kasus Bank Century yang diduga melibatkan pejabat Pemerintah. “Apabila Pemerintah terbukti bersalah maka tidak perlu didukung lagi” terang Abdul Qohir yang juga Wakil Ketua MUI Kota Tangsel ini.

Drajad Wibowo, tambah Abdul Qohir adalah orang yang pintar dan cerdas tetapi posisi dia saat ini diluar kekuasaan. “Sebaiknya Drajad Wibowo menjadi Sekjend DPP PAN, sedangkan Hatta Radjasa menjadi Ketua Umum DPP PAN, ini kombinasi yang paling ideal dan masing-masing bisa saling melengkapi,” tandasnya.

Dewan Pengurus Cabang PAN Kota Tangerang Selatan sampai dengan saat ini belum terbentuk, sehingga pada Musyawarah Nasional (Munas) PAN di Batam, Kepulauan Riau pada 8-10 Januari 2010, Kota Tangerang Selatan belum memiliki hak suara. Menurut informasi rencananya DPC PAN Tangsel akan dibentuk setelah Munas PAN tersebut.(rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.