IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kepolisian Perketat Pengamanan Perayaan Tahun Baru 2010 di Gili Trawangan

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (31/12/09). Perayaan pergantian tahun dari 2009 ke 2010 di Gili Trawangan sudah terasa auranya sejak pagi tanggal 31 Desember 2009 di bangsal penyeberangan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara(KLU). Disamping di Gili Trawangan perayaan tahun baru di Lombok Utara juga dilakukan dibeberapa tempat antara lain Hotel Oberoi dan Bangsal Pemenang. Namun untuk lokasi terheboh dari berbagai lokasi tersebut adalah Gili Trawangan, karena tidak dipungkiri di tempat tersebut terdapat bebarapa bar dan café yang menyelenggarakan penyambutan tahun baru.

Di Bangsal Pemenang oleh Dinas Kominfobudpar bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi NTB juga diselenggarakan Marine Festival dengan tema Gili Begawe dalam rangka menyukseskan Visit Lombok Sumbawa 2012, dan Visit Indonesian Year.

Sekretaris Dishubkominfobudpar Agustisna, SH mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan merupakan kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KLU dan Disbudpar Propinsi, acara dimulai sekitar 09.00 Wita dan dibuka langsung oleh Sekda KLU, H Djohan Sjamsu, SH dan dihadiri sekitar 300 peserta dari Disbudpar Propinsi dan Dinas di KLU dan dihadiri langsung Kadis Budpar NTB Lalu Gita Aryadi.

Pada acara tersebut peserta festival mengunjungi aset wisata Pemprov di Gili Air dengan dimeriahkan perlombaan sekitar 30 perahu layar. “Perahu yang mencapai Pantai Gili Air tercepat ditetapkan sebagai juara,” tambahnya. Sedangkan mempersiapkan perayaan tahun baru yang akan dilaksanakan diberbagai tempat di KLU, Polres Lombok Barar bekerjasama dengan Polsek pemenang menerjunkan 27 BKO personil untuk pengamanan di ketiga Gili ditambah 10 personil dari Polda NTB.

Kapolsek Pemenang IPTU I Nyoman Sabar yang bertanggung jawab terhadap wilayah ketiga Gili mengungkapkan dari 27 personil dan 10 personil Polda dipusatkan di Gili Trawangan sedangkan untuk Gili Meno dan Gili Air masing-masing diterjunkan 4 personil pengamanan. Sedangkan untuk mengantisipasi tindak kriminal ataupun kecelakaan laut pihaknya berupaya bekerjasama dengan instansi terkait. “Untuk menanggulangi permasalahan di laut, Kepolisian berkoordinasi dengan Basarnas dan Kapospol Pemenang dan Stand Bay di Senggigi dan Pemenang”, tandasnya.

Upaya tersebut tentunya untuk menjaga situasi kondusif di KLU dan menciptakan suasana tentram saat perayaan tahun baru bagi masyarakat yang merayakan. Hingga proses pergantian tahun baru di wilayah KLU tidak ditemukan kejadian yang menonjol. Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta personil Polri, dan instansi terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban, dan kesadaran masyarakat yang semakin baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.