IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kenaikan Tarif Listrik Perlu Diimbangi Dengan Pembenahan Kinerja PLN

IndonesiaBicara-Surabaya, (19/09/11). Rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada 2012 merupakan hal yang wajar selama besarannya sesuai dengan kenaikan inflasi. Namun jika kenaikan TDL lebih besar dari kenaikan inflasi dikhawatirkan akan mengerek laju inflasi pada Tahun 2012. Demikian dikatakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Surabaya, Suyanto, Ph.D, Senin (19/09) di Surabaya.

Pihak yang akan merasakan langsung dari kenaikan TDL adalah kalangan industri yang terpaksa harus menaikan harga jual produknya. Namun dampak akhir dari kenaikan harga produk yang dihasilkan industri akibat kenaikan TDL akan membebani masyarakat.

Selain itu, kenaikan TDL juga akan menurunkan daya saing produk Indonesia di pasar ekspor. Kenaikan TDL juga dapat mengakibatkan menurunnya iklim investasi di Indonesia. Bahkan dikhawatirkan dapat mengakibatkan sejumlah investor merelokasikan modalnya ke negara-negara lain yang biaya produksinya lebih rendah, seperti Vietnam.

PLN perlu berbenah diri sehingga dapat bekerja secara efektif dan profesional, dan bukan membebani kerugian kepada masyarakat. Walaupun biaya listrik di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan negara lain seperti Singapura, namun pendapatan per kapita Indonesia juga jauh di bawah Singapura. Sehingga harga listrik perlu disesuaikan dengan kemampuan masyarakat.

Perlu adanya pihak swasta dalam penyediaan listrik di Indonesia sebagai kompetitor PLN, agar PLN dapat berbenah diri dan menghindari praktek monopoli. Namun jangan sampai pihak swasta juga bersikap seperti PLN dan mengakibatkan oligopoli di bisnis listrik. Adanya pihak swasta sebagai kompetitor dinilai dapat menurunkan biaya listrik. (AK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.