IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KEMENDAG AMANKAN BAJA TIDAK MEMILIKI SNI

Indonesiabicara.com—BALARAJA (24/5/2018) Sebanyak dua juta batang baja tulangan yang tidak memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) berhasil diamankan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) di PT. SS Pergudangan Oleg, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Dirjen PKTN Verifikasi Anggrijono mengatakan, dari pengembangan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh pihaknya dalam beberapa waktu belakangan ini, diduga dua juta batang baja tulangan ini tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Baja tulangan berbagai merk dan ukuran yang diamankan oleh Kemendag merupakan hasil pengembangan dan pemeriksaan dari kegiatan pengawasan Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan (Ditjen PKTN).
“Dua juta batang baja tulangan ini kami amankan karena tidak memiliki Sertifikat Produk Pengguna Tanda SNI (SPPT-SNI) dan juga tidak memiliki Nomor Registrasi Produk (NRP), karena tidak memenuhi persyaratan SNI, imbasnya juga bisa berdampak kerugian bagi konsumenak,” terangnya saat meninjau langsung ke PT. SS.
Verifikasi menegaskan, pihaknya akan terus mengawasi perdagangan barang yang telah diberlakukan SNI secara wajib, tak hanya itu, lanjut Verifikasi, pihaknya juga akan terus menegaskan peraturan Perundang-undangan lainnya untuk melindungi masyarakat dan intinya guna mewujudkan kepastian hukum dan usaha.
“Kami akan menindak tegas dan tanpa berkompromi dengan para pelaku usaha yang tidak taat atau yang telah menyalahgunakan peraturan yang ada. Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan di lapangan sebagai salah satu bentuk usaha perlindungan konsumen, juga dalam rangka meningkatkan ketertiban pelaku usaha dalam kegiatan niaga,” Veri menegaskan. (Adit/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 14 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.