IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kemenag Karangasem Gelontor Bansos Untuk Program Kerukunan Umat Beragama

IndonesiaBicara-Amlapura, (24/08/11). Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menyerahkan secara simbolis paket bantuan sosial Kementrian Agama Kabupaten Karangasem. Menurut Kasubbag TU I Wayan Srinada, pada DIPA tahun 2010 Kementrian Agama Kabupaten Karangasem memiliki program bantuan sosial encapai Rp 1 milyar yang tersebar pada 6 satker antara lain, Sekretariat/Tata Usaha, bantuan pembinaan bagi Kerukunan Umat Beragama (KUB), Seksi Urusan Agama Hindhu.

Dikatakan, tujuan pemberian bantuan sosial keagamaan sebagai momentum untuk mesima krama / silaturahmi sekaligus menginformasikan keberadaan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karangasem dan program yang ada, mengingat masih ada masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Kantor Agama dan yang terpenting bahwa Kantor Kementrian Agama milik masyarakat Karangasem.

Kakandeppag Ni Komang Sri Marheni mengatakan, kesempatan melakukan simakrama antara karyawan Kementrian Agama dan masyarakat dapat memberi dampak pada kerukunan umat beragama yang tidak cukup hanya diantisipasi melalui kewaspadaan semata, melainkan harus dibangun secara nyata diatas pondasi kebersamaan dari keragaman perbedaan yang ada.

Dikatakannya, masalah nilai spirit beragama tidak gampang dibangun seperti pembangunan fisik dan tidak dapat dihitung secara eksak, namun harus dimulai dari diri sendiri secara mantap dan berkelanjutan.

Kehidupan beragama sebagai hak azasi manusia tidak dapat dikurangi dalam kondisi apapun, setiap orang bebas memilih agama dan beribadah mesti dijamin oleh negara.

Pemerintah melalui Kemenag wajib menjamin melindungi setiap usaha penduduk melaksanakan ajaran agama dan ibadah pemeluknya agar berlangsung rukun, lancar dan tertib serta selalu harmoni. Menodai salah satu agama berarti mengganggu ketertiban dan ketentraman kendati hanya sekedar issue belaka.

Masalah seperti itu harus dapat disikapi secara arif dan bijaksana karena jika keliru menyikapi bisa mendatangkan dampak yang kurang baik. Untuk itu diperlukan upaya pemerintah dalam membina umat beragama, antara lain melalui bentuk pelaksanaan program bantuan sosial yang dilandasi adanya saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai kesetaraan dan pengamalan ajaran agama.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg selanjutnya menyampaikan sebagai bangsa yang religius menempatkan agama sebagai moral etik bagi pembangunan, selayaknya pemerintah melalui Kemenag memberi perhatian kepada seluruh umat beragama untuk menjalankan ajaran secara kusuk dan tenang.

Terlebih ditengah timbulnya kekerasan mengatasnamakan agama, untuk itu diperlukan suasana tenang dan damai dalam menghadapi masalah. Ajaran agama patut direnungkan lebih mendalam guna memberikan nuansa religius dalam membersihkan mental, moral dan rohani untuk memberi motivasi ka arah terciptanya suasana sejuk dalam kehidupan sehari-hari.

Bantuan sosial pemerintah adalah stimulan atau perangsang untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama untuk bersama mewujudkan rasa harmonis dan suasana santhi di Karangasem, sekaligus untuk menumbuhkan sikap kebersamaan dan menjadikan pribadi yang lebih bijaksana. (Din/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.