IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kasus Korupsi NTT Sudah di Tahap Penyidikan

IndonesiaBicara-Kupang, (22/07/11). Sebanyak 35 kasus  korupsi yang ditangani di 12 Kejaksaan di Propinsi NTT, saat ini sudah naik ke tahap penyidikan. Dari data-data yang ada, Kejari Kefamenanu dinilai paling giat menangani kasus korupsi, ketimbang Kejari lainnya.

Demikian beberapa hal yang dibeberkan dalam jumpa pers Kejaksaan Tinggi NTT dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-51 Adhiyaksa. Hadir dalam jumpa pers,  Wakil Kajati NTT, ESM Hutagalung dan para pejabat teras Kejati NTT.

Berdasarkan rekapitulasi data jumlah perkara tindak pidana korupsi di wilayah hukum Kejati NTT yang diterima wartawan, sebanyak enam Kejari dan dua Kacabjari yang penanganan kasus korupsinya belum ada yang naik ke tahap penyidikan. Keenam kejari tersebut adalah Kejari Atambua, Kejari Ende, Kejari Bajawa, Kejari Waingapu, Kejari Waikabubak dan Kejari Oelamasi. Sementara dua Kacabjari itu adalah Kacabjari Reo dan Kacabjari Waiwerang.

Sementara yang lainnya sudah di tahap penyidikan kasus-kasus korupsi yakni, Kejati NTT sedang menyidik enam kasus, Kejari Kupang dua kasus, Kejari Soe tiga kasus, Kejari Kalabahi tiga kasus, Kejari Larantuka satu kasus, Kejari Maumere dua kasus, Kejari Ruteng tiga kasus, Kejari Baa satu kasus, Kejari Lewoleba dua kasus, Kejari Labuan Bajo dua kasus dan Kacabjari Seba tiga kasus.

Wakajati Hutagalung menyatakan enam Kejari dan tiga Kacabjari yang belum sampai di tahap penyidikan kasus korupsi itu bisa jadi lantaran beberapa persoalan, misalnya masalah keuangan untuk proses penyidikan.

Sebagai Wakajati NTT yang baru dilantik awal Juni 2011, Hutagalung menyatakan  akan melakukan supervisi ke daerah-daerah. Dalam supervisi itu dia akan mendorong Kejari dan Kacabjari untuk lebih serius lagi menangani kasus-kasus korupsi.

Menurut Hutagalung, supervisi itu bagian dari upaya optimalisasi penanganan kasus-kasus korupsi yang terjadi di daerah. Pasalnya dalam penanganannya, Kejagung tak lagi menargetkan jumlah kasus yang harus ditangani, namun diupayakan dapat  menangani sebanyak mungkin kasus korupsi yang ada. (AP)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 13 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.