IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Karangasem Kembali Kirim Tenaga Kerja ke Jepang

IndonesiaBicara-Amlapura (16/02/11) . Negeri Matahari Terbit, Jepang banyak menjanjikan potensi peluang kerja bagi para tenaga kerja asal Indonesia karena penghasilan yang diterima jauh lebih banyak jika dibandingkan di negeri sendiri. Untuk itu, beberapa upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Karangasem agar dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan Jepang terkait pengiriman tenaga kerja.

Sebanyak 21 orang tenaga kerja asal Karangasem yang sudah usai mengikuti pelatihan kembali dikirim ke Jepang untuk bekerja di Koperasi Tsukuba Propinsi Hibaraki, diantar langsung Kadisnaker I Gusti Nyoman Arya Sulang yang mewakili Bupati Karangasem I Wayan Geredeg.

Sesaat sebelum berangkat, I Gusti Nyoman Arya Sulang mengatakan, atas seijin Bupati Karangasem kali ini dirinya diberikan kesempatan untuk mengantar langsung pengiriman tenaga kerja gelombang kedua atau tahap terakhir periode 2009.

Tenaga kerja yang dikirim kali ini disiapkan untuk bekerja pada sektor peternakan dan pertanian hortikultura. Selama 3 tahun mereka bakal dimagangkan untuk menimba ilmu dan pengetahuan secara praktis sebagai kerja, untuk nantinya apabila sudah kembali ke Indonesia bisa mandiri sebagaimana harapan dari Koperasi Tsukuba.

Hingga saat ini tenaga kerja Karangasem yang sudah bekerja di Jepang sebanyak 57 orang ditambah 21 orang yang baru dikirim seluruhnya berjumlah 78 orang. Mereka diberangkan ke Jepang sejak tahun 2008 dan kerjasama ini sebagai salah satu program unggulan dibidang tenaga kerja sekaligus membantu tenaga kerja khususnya dari keluarga miskin bakal terus dilakukan.

Seleksi ketat bagi mereka langsung dilakukan oleh pencari tenaga. Jika memang tidak memenuhi syarat, tidak bisa diterima. Tidak ada unsur KKN, yang bisa dikirim merupakan murni hasil seleksi. Disamping itu mereka juga dibekali pengetahuan bahasa Jepang, mental dan dedikasi ketrampilan sesuai lapangan penempatannya.

Menyangkut ijin pengiriman tenaga kerja, Arya Sulang menyebutkan sudah ada izin dari Pusat melalui Kementrian Tenaga Kerja dari Dirjen Bina Lapas. Di Jepang selain memperoleh hak berupa gaji yang cukup besar juga diberikan fasilitas pemondokan, bahan memasak serta fasilitas lainnya. Setelah kembali dari Jepang para tenaga kerja diharapkan dapat mandiri menciptakan peluang usaha dengan modal penghasilan yang dibawa pulang sehingga bisa menjadi wiraswastawan tangguh setelah memperoleh pengalaman di Jepang, ulangnya.

Saat berada di Jepang, Kadisnakertrans Arya Sulang juga bakal menjajaki kemungkinan adanya peluang lain untuk dapat memperluas pengiriman kerja ke luar negeri khususnya di Jepang selain kerjasama dengan Koperasi Tsukuba, untuk memperluas harapan para pemuda Karangasem bekerja di luar negeri.

Bupati Karangaem I Wayan Geredeg berpesan agar tenaga kerja yang baru dikirim dapat menjaga citra, baik pribadi, daerah, Bali dan negara Indonesia sehingga bisa meninggalkan kesan yang disenangi. Dengan program magang tersebut, tambah Geredeg, merupakan peluang empuk bagi pemuda-pemuda Karangasem yang mau bekerja keras di Jepang dengan penghasilan yang jauh berlipat dibanding bekerja di daerah sendiri. Dengan modal yang diraihnya itu nantinya diharapkan mereka bisa meningkatkan pendidikannya, merintis peluang bisnis serta mengangkat kesejahteraan keluarga.

Pihaknya selaku Bupati tidak henti-hentinya mencari peluang untuk mempersiapkan lapangan kerja bagi masyarakat Karangasem khususnya para angkatan muda yang produktif. (Din/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 14 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.