IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Karangasem Genjot Kunjungan Turis Mancanegara

IndonesiaBicara-Amlapura, (27/04/11). Sebagai wujud komitmen meningkatkan arus kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia khususnya ke Bali, Pemeritah Pusat diminta segera mendorong percepatan pembangunan Dermaga Kapal Pesiar Tanah Ampo, Manggis, Karangasem. Percepatan diminta khususnya untuk perpanjangan dermaga menjadi 300 meter sehingga kapal yang berukuran besar bisa layak sandar.

Mengantisipasi hal tersebut Bupati Karangasem I Wayan Geredeg bersama Wakil Bupati I Made Sukerana sudah mengambil prakarsa untuk mengoptimalkan fungsi dermaga kendati belum usai dibangun dengan memberdayakan disinggahi kapal pesiar dengan menggunakan sekoci.

Bahkan tidak kurang dari Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar RI Sapta Nirwandar mengapresiasi positif langkah Pemkab Karangasem dalam memberdayakan dermaga yang sudah ada sebagai bagian upaya promosi pariwisata. Ia merasa terkesan dan menyambut antusias keberadaan Dermaga Kapal Pesiar Tanah Ampo dan bakal membantu sepenuhnya untuk memberdayakan secara maksimal sekaligus dipromosikan untuk kedatangan kapal pesiar di masa mendatang.

Kendati belum selesai dibangun tuntas, namun menurut Sapta Nurwandar, sudah sangat layak dan representatif untuk difungsikan dengan menambah dua ponton jetty di kanan dan kiri dermaga sehingga lebih cepat bisa menurunkan wisatawan dari kapal pesiar.

Ia bahkan bakal berupaya dan mendorong agar pengelolaan dermaga dapat dilakukan Pemkab Karangasem bersama dengan pihak yang professional serta melalui mekanisme aturan hukum yang ada, sehingga ada tambahan pendapatan daerah guna mencapai kemajuan daerah dan bisa lepas dari posisi kemiskinan yang saat ini masih dirasakan.

Nurwandar juga mengharapkan adanya penataan lebih lanjut atas lokasi pelabuhan kapal pesiar Tanah Ampo, sehingga memiliki kekhasan dan daya tarik yang spesifik agar kapal pesiar yang bersandar bisa menemukan kesesuaian ketika bersandar dan singgah di Tanah Ampo. Untuk penyelesaian fisik, dermaga masih membutuhkan perpanjangan ideal hingga 300 meter.

Selanjutnyam I Wayan Geredeg menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Pemasaran dan Pariwisata Kementrian Budpar RI Sapta Nurwandar yang telah banyak membantu pembangunan Dermaga Kapal Pesiar Tanah Ampo, khususnya terkait pemasaran aspek kepariwisataan dalam rangka memberdayakan dan mengoptimalkan peran infrastruktur Dermaga Kapal Pesiar satu-satunya di Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.