IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kantor Desa Sebudi Termegah di Karangasem

IndonesiaBicara-Amlapura, (20/01/11). Kantor Desa Sebudi, Kecamatan Selat saat ini menjelma menjadi Kantor Desa termegah di Kabupaten Karangasem. Kantor Desa Sebudi memiliki dua lantai serta 5 ruangan kerja, dibangun melalui dana ADD dan swadaya masyarakat yang mencapai Rp 700 juta.

Menurut Purna, Panitia Pembangunan, Kantor Desa Sebudi yang sudah dalam kondisi rusak berat direncanakan dibangun semenjak tahun 2008 diawali dengan membangun tembok penyengker sepanjang 14 m yang menelan dana ADD sebesar Rp 16 juta, disusul tahun 2009 dibangun angkul-angkul dengan biaya Rp 29 juta. Di tahun 2010 dibangun cubang berukuran 4 x 5 m dengan dana ADD Rp 18 juta, serta pembangunan gedung 2 lantai berukuran 17,2 x 11,6 m dengan konstruksi baja ringan sebesar Rp 675 juta yang bersumber dari kas desa.

Setelah selesai Kantor Desa dibangun kemudian dilaksanakan upacara pemelaspasan pada tahun 2011, dipuput Ida Pandita Sri Mpu Dukuh Jayadi dari Geria Badeg Sebudi.

Pembanguan sarana kantor desa ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dikerjakan sejak bulan Juli 2010 dan berhasil diselesaikan pada bulan Desember 2010.

Perbekel I Gusti Lanang Budiasa mengatakan, Desa Sebudi didukung 10 Banjar Dinas yang memiliki 6000 penduduk dengan geografis wilayah kering terbelah 3 sungai besar memisahkan Desa Sebudi Barat dan Timur. Dalam rangka mengoptimalkan pembangunan di Desa Sebudi, Perbekel Sudiasa mengusulkan kepada pemerintah dapat membangun infrastruktur jembatan untuk memperlancar transportasi dan pereknomian masyarakat.

Sebagai desa tertinggal, Sebudi juga selama ini masih belum memiliki sumber air bersih dan warga masih menggunakan air hujan sebagai sumber utama untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Keberhasilan membangun Kantor Desa merupakan partisipasi warga pemilik galian yang melakukan penambangan galian tipe C di Desa Sebudi. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.