IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Jumlah Angkutan Lebaran di Jatim Naik 6,17 Persen

IndonesiaBicara-Surabaya, (02/08/11). Jumlah angkutan mudik periode Lebaran 2011 di Jawa Timur diperkirakan mengalami kenaikan rata-rata sekitar 6,17% atau sebanyak 5.775.000 penumpang, dengan rincian untuk angkutan jalan raya (bus) sebesar 5% persen, angkutan kereta api sebesar 8,5%, angkutan udara sebesar 15%, dan angkutan laut sebesar 5%. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi dalam konferensi pers di Kantor Dishub Jawa Timur Siang ini, (02/08).

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Dishub Jawa Timur sudah melakukan koordinasi dengan penyedia jasa angkutan baik darat, laut dan udara. Selain itu, Dishub Jawa Timur juga menyediakan layanan mudik gratis untuk kalangan kurang mampu dengan menggunakan bus AC dan kapal laut. Jumlah bus yang disediakan sebanyak 131 unit dan 2 armada kapal laut.

Layanan mudik gratis menggunakan bus melayani hampir semua jurusan di Jawa Timur, dengan pendaftaran dimulai 1 Agustus 2011 di Kantor Dishub Jawa Timur Jl Jend. Ahmad Yani, tanggal keberangkatan 27-28 Agustus 2011 untuk mudik dan 4 September 2011 untuk arus balik.

Sementara, untuk angkutan kapal laut melayani jurusan ke Masalembo dan Pulau Sapeken Sumenep, pendaftaran dimulai pada 5 Agustus 2011 dengan tanggal keberangkatan tujuan Masalembo 23 Agustus 2011 (mudik) dan 4 September 2011 (arus balik). Sedangkan untuk tujuan Pulau Sapeken keberangkatan tanggal 25 Agustus 2011 (mudik) dan 6 September (arus balik).

Dishub Jawa Timur juga sedang melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani mudik gratis dengan kereta api, namun masih belum diperoleh kesepakatan mengingat PT KAI tidak memiliki cadangan gerbong untuk pelayanan mudik gratis. (Zul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.