IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

JONA Unggul Dalam Pemilukada Lombok Utara

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (09/06/10). Setelah Senin kemarin (07/06), Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyelenggarakan Pemilukada yang pertama, hasil sementara menunjukkan pasangan H Djohan Samsu, SH-H Najmul Akhyar, SH, MH atau yang biasa disebut JONA, menduduki posisi teratas perhitungan sementara di KPU KLU.

Hasil sementara penghitungan suara menunjukkan pasangan nomor urut 2, JONA mendapatkan 45% suara, pasangan nomor 3, Drs Subartono-Raden
Nurjati (SUBUR)  dengan 38% suara, pasangan nomor urut 4, Ahmad Rifai-Sarifudin, SH dengan 11 % suara dan pasangan nomor 1, Jasman Hadi-M Katur (JAKA) dengan 6 % suara.

Sesuai UU No 12 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan merujuk pada data sementara penghitungan suara, pasangan JONA dapat disebut sebagai pemenang Pemilukada KLU. Menurut amanat UU tersebut jika tidak ada calon yang mendapatkan suara lebih dari 50% maka 30% plus satu, jika terdapat lebih dari satu pasang yang lebih dari 30% maka diambil nilai tertinggi, dan jika tidak terdapat pasangan yang mencapai 30 % maka diadakan pemilihan tahap kedua dengan peserta pasangan yang memiliki suara terbanyak peringkat 1 dan 2.

Ketua KPU Lobar, Suhaimi Samsuri, SAg, MSi menanggapi hasil sementara menyatakan bahwa hasil ini belum final. “Masih ada tahapan selanjutnya dalam penetapan pemenang Pemilukada KLU yaitu pleno penetapan tingkat kabupaten,” ujarnya.

Jika ada beberapa pihak yang memiliki data pemenangan sementara hal ini mengacu pada salinan formulir C1 yang diedarkan oleh KPU. “Data sementara yang ada saat ini kemungkinan besar tidak akan banyak bergeser ketika pleno penetapan,” tegasnya.

Kabid Teknis KPU Lombok Utara, Radiun Putra, menjelaskan bahwa pasangan JONA menang di 19 desa dari 33 desa di KLU. Sedangkan pasangan SUBUR menang di 12 desa, dan 2 pasangan lainnya masing-masing di  satu desa. Jika berdasarkan pada kecamatan pasangan JONA unggul di 3 kecamatan yaitu Pemenang, Tanjung dan Gangga sedangkan dua kecamatan lainnya Kayangan dan Bayan didominasi pasangan SUBUR. (pul)

1 komentar untukJONA Unggul Dalam Pemilukada Lombok Utara

  • berjuang k’ tuan…. allah bersama antum. selama ruh jihad masih didalam jiwa maka allah akan selalu membantu. amien.

    angkat derajat KLU, da’a ku akan selalu menyertai antum. insyaallah beberapa tahun lagi ana akan pulang untuk berpartisipasi untuk membangun kabupaten tercinta…

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.