IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Melonjak

IndonesiaBicara-Kupang, (26/07/11).Menjelang bulan Ramadhan, harga beras dan gula pasir di sejumlah pasar di Kota Kupang, melonjak tajam. Lonjakan harga ini terjadi, karena permintaan masyarakat yang sangat banyak, namun pasokan kedua jenis kebutuhan pokok itu berkurang.

Andi Arif, pedagang sembako di Pasar Inpres Naikoten Kupang, saat ditemui di tempat dirinya berjualan, mengatakan dalam dua hari terakhir, harga beras yang dipasok dari Jawa dan Sulawesi termasuk beras lokal, mengalami kenaikan.

Menurut Andi, harga beras cap Nona saat ini naik dari Rp 6.500 menjadi Rp 7.500 per kg, sementara serta beras lokal naik dari Rp 5.500 per kg menjadi Rp 6.000 per kg.

Selain beras, kata Andi, harga gula pasir karungan pun ikut naik dari Rp 460.000 per sak, menjadi Rp 480.000 per sak. Tak ketinggalan harga telur ayam ras yang ikut meningkat, dimana sebelumnya harga seikat (enam rak) Rp 160.000 naik menjadi Rp 197.500. Harga per rak-nya pun otomatis meningkat dari Rp 32.000 menjadi Rp 35.000.

Disebutkannya, tidaklah mengherankan bila jelang bulan puasa seperti saat ini, terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran. Kondisi ini hanya terjadi sesaat dan akan kembali turun ke harga normal.

“Harga barang naik karena ada keperluan sesaat yang cukup tinggi dari masyarakat, sementara barang-barang yang tersedia di pasaran kurang mencukupi,” jelasnya sambil melayani pembeli. (AP)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.