IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Jelang Pemilukada, Polres dan Kesbangpol Berikan Pembinaan Kepada Ormas

IndonesiaBicara-Tangerang Selatan, (06/07/10). Jelang Pemilukada Kota Tangerang Selatan, organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP) diberikan pengarahan oleh Polres Metro Jakarta Selatan dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangsel. Kegiatan yang bertempat di Wisma Laguna, Jalan Raya Witanaharja, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, diikuti sejumlah Ormas dan OKP se-Kota Tangsel.

Wakapolres Jaksel Kris Erlangga mengatakan, Pemilukada Kota Tangsel yang akan berlangsung beberapa bulan lagi bisa menimbulkan berbagai kerawanan, terutama bentrok fisik antara para pendukung calon walikota Tangsel. Para pendukung calon walikota mayoritas berasal dari ormas yang ada, sehingga tidak menutup kemungkinan jika terjadi bentrok maka akan melibatkan anggota ormas. “Ormas di Tangsel harus senantiasa dilakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan peran aktifnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap Kris Erlangga dihadapan ratusan massa dari perwakilan berbagai ormas di Kota Tangsel.

Dikatakannya, para pemimpin ormas dan OKP juga mengambil peran penting untuk membina para anggotanya. “Pihak kepolisian memperbolehkan para ormas melakukan unjukrasa, yang tidak diperbolehkan adalah pengerahan massa untuk melakukan bentrok fisik, karena akan merugikan diri sendiri maupun masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sedangkan kepada calon walikota, lanjutnya, diharapkan siap kalah dan siap menang serta tidak melakukan mobilisasi massa untuk merusak obyek-obyek vital yang ada, seperti Kantor Pemerintahan dan Kantor KPU.

Disebutkannya, Polres Metro Jakaksel sudah menyiapkan sekitar 400 personel untuk pengamanan Pemilukada Kota Tangsel dan akan menempatkan pos-pos penjagaan seperti di kantor KPU Kota Tangsel maupun kantor-kantor Pemerintahan. Polrestro Jakarta Selatan juga akan melakukan koordinasi dengan Polrestro Tangerang Kabupaten karena sebagian wilayah Tangsel masuk wilayah hukum Polrestro Tangerang Kabupaten, seperti Serpong, Setu dan Pondok Aren.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangsel Nurdin Marzuki mengatakan, kerjasama antara pemerintah daerah dan ormas dirasakan sangat penting untuk menjaga kesatuan dan ketertiban masyarakat. “Kesbangpol Kota Tangsel mengajak kepada para ormas dan OKP yang ada untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah dalam pelaksanaan Pemilukada Kota Tangsel,” tandasnya. (rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.