IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Jaminan Kesehatan PT ASKES di NTB Harus Maksimal

IndonesiaBicara.com–Mataram, (07/04/11). Dalam pelaksanaan sistem jaminan sosial seperti Asuransi Kesehatan (Askes), pada dasarnya merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian dan jaminan pelayanan kesehatan bagi setiap peserta Askes, baik peserta Askes dari veteran, maupun masyarakat umum pemegang kartu Jamsoskes.

Untuk itu Pemerintah Propinsi NTB menaruh harapan besar kepada PT Askes yang ada di NTB, agar dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat NTB dapat dijalankan dengan seoptimal mungkin.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur NTB dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Gubernur Badrul Munir pada acara kegiatan kunjungan tim gabungan Kementerian Pertahanan dan PT Askes NTB, dengan sejumlah veteran NTB peserta Askes diruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Kamis pagi (07/04).

Dalam kesempatan itu, Wagub menyampaikan , bahwa berkaitan dengan jaminan sosial kesehatan, pemerintah telah menjalankan beberapa program jaminan sosial asuransi kesehatan seperti Askes, dan Tabungan Pensiun (Taspen).

Akan tetapi, dalam implementasinya berbagai program jaminan sosial tersebut, belum bisa berjalan secara optimal karena berbagai kendala, salah satunya ada stigma yang melekat di sebagian besar peserta Askes, bahwa pelayanan kesehatan bagi para peserta Askes maupun pemegang kartu Jaminan Sosial Kesehatan belum optimal seperti yang diharapkan.

“Karena itu kami berharap agar PT Askes terus melakukan pembenahan, penataan dan perbaikan manajemen, serta perbaikan maupun penyederhanaan sistem pelayanan, sehingga PT Askes dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para peserta Askes termasuk para veteran,” harapnya.

Selain itu, kata Wagub dalam kunjungan tim gabungan Kemenhan dan PT Askes itu, dapat diperoleh masukan-masukan berharga yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan peran serta para stakeholder dalam mengimplementasikan Peraturan Pemerintah dan Keputusan Presiden tentang askes.

“Harus mampu memberikan perbaikan paradigma dan jalan keluar dari berbagai permasalahan dalam pelayanan kepada peserta Askes, khususnya para veteran yang jaminan pemeliharaan kesehatannya dikelola oleh PT Askes dan dalam upaya mencari solusi dari berbagai permasalahan pelayanan PT Askes kepada para veteran selama ini,” ujarnya. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.