IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

INOVASI DISDUKCAPIL 2019 DATA KEPENDUDUKAN SUDAH BISA ONLINE

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (16/11/2018) Disdukcapil Kabupaten Tangerang memiliki suatu rencana Inovasi yang sangat baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem online yang diharapkan dapat sampai di tingkat desa.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin kepada wartawan mengatakan, saat ini kami sedang menunggu arahan dari Bupati Tangerang terkait Perpres No 96 tahun 2018 terkait tata cara pendataan penduduk dan catatan sipil.

“Sebelumnya menggunakan perpres No 25 tahun 2008 dan sudah tidak cocok dengan saat ini dan perundang-undanganya telah dirubah. Dengan perkembangan saat ini telah dibangun sistem informasi adminitrasi pendudukan dan saat ini sudah memiliki data base oleh Kemendagri” ujar Syarifudin.

Syafrudin menjelaskan, Saat ini sistem pendataan sudah terintegrasi dan pelayanan penduduk menjadi lebih mudah dan sudah berjalan sejak dua tahun, dengan harapan agar mempercepat sistem kependudukan. Namun kemajuan sistem belum dapat diikuti oleh beberapa daerah lain,  yang kebanyakan masih menggunakan Perpres No 25 tahun 2008.

“Dengan percepatan dan kemajuan sistem akan lebih akurat untuk didapatkan data penduduk”, terang mantan Camat Cisoka.

Diharapkan pada 2019 seluruh sistem yang sedang disiapkan sudah bisa online, dan kita akan buatkan aplikasi agar masyarakat dalam membuat data kependudukan lebih mudah seperti yang sudah dilakukan oleh Kota Surabaya, tandas Syarifudin. (Adit/*).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 11 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.