IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

IMAPA Gelar Diskusi Pembangunan Aceh

IndonesiaBicara.com-JAKARTA (22/09/14). Aceh terlalu seksi untuk selalu dikaji. Karena begitu banyak permasalahan dan persoalan yang harus diselesaikan, baik dari segi politik, ekonomi dan sosial secara keseluruhan.

Sepuluh tahun perjalanan MoU Helsinki dengan kondisi sosial saat ini sangat jauh dari apa yang diharapkan dalam nota perdamaian. Turunan UUPA yang belum maksimal yang menimbulkan konflik baru antara Pemerintah Pusat dan Aceh itu sendiri.  Aceh hari ini bagai api dalam sekam, jika api itu sempat keluar ke publik maka akan sangat berdampak pada kondisi sosial Aceh kedepan.

Menanggapi isu tersebut, Departemen Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh (PP IMAPA) – Jakarta mengadakan kajian tentang “Peran IMAPA dalam Pembangunan Aceh”, (21/9).

Dalam kesempatan ini hadir sebagai narasumber yakni Kanda Agus Saputra, beliau merupakan mantan Ketua Umum PP IMAPA Jakarta Periode 2005-2008.

Kanda Agus dalam materinya menyampaikan bahwa mahasiswa dan pemuda sebagai agen perubahan (agen of change) harus berperan dalam upaya terciptanya kemakmuran bagi masyarakat di Serambi Mekah.

“Mahasiswa dan pemuda juga harus terus berupaya untuk melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang berkembang serta mendorong kebijakan pemerintah pusat maupun daerah yang berpihak kepada masyarakat secara luas”, terangnya.

Kajian yang diadakan di Meunasah Fatahillah Jakarta ini dihadiri oleh pengurus pusat maupun cabang IMAPA Jakarta serta turut pula hadir alumni dan mahasiswa lain non-IMAPA.

Kegiatan diskusi ini diadakan sebulan sekali dengan tema dan pembicara yang berbeda-beda.

“Kini perdamaian telah tercipta. Kita sebagai pemuda khususnya pemuda Aceh harus terus mendorong agar perdamaian tersebut tetap berlanjut dan yang turunan UUPA agar segera di aplikasikan semaksimal mungkin guna kemajuan dan pembangunan cepat terwujud”, imbuh Kanda Agus.

“Kita patut bersyukur atas perhatian dan kepedulian alumni IMAPA Jakarta terhadap pengurus sekarang, selain temu kangen dan juga memberikan motivasi untuk kami dapat berbuat lebih baik untuk Aceh ke depan”, tutup Amizar selaku Ketum PP IMAPA Jakarta. (Rin/Rls)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.