IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh – Jakarta Gelar Silaturahmi

IndonesiaBicara.com-CIPUTAT (8/9/13). Ratusan mahasiswa dan pemuda asal Aceh yang berdomisili dan mengenyam pendidikan di Jabodetabek menggelar Silaturahmi dan Halalbihalal. Acara yang digelar di Aula Meunasah Aceh, Legoso Raya, Ciputat,  Kota Tangerang Selatan, (8/9) Ahad siang ini berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan antar generasi muda asal Aceh yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh – Jakarta (IMAPA-Jakarta) ini.

Ketua Dewan Alumni IMAPA Jakarta, Djamil Hasan memberikan nasihatnya kepada junior dan adik-adiknya yang berkuliah di Jakarta.
“Organisasi IMAPA Jakarta bertujuan untuk membentuk kader-kader intelektual Aceh yang mampu memimpin Aceh kedepan. Sejak dideklarasikan 53 tahun yang lalu, ide ini berangkat dari keinginan untuk dapat mengorganisir potensi kreatif dalam bentuk minat dan kepedulian para pemuda dan mahasiswa Aceh yang  ada di Jakarta dan sekitarnya”, kata Djamil Hasan.

Djamil menceritakan bahwa sejak dari zaman revolusi fisik pemuda dan mahasiswa Aceh sudah di Jakarta, tetapi potensi yang dimiliki belum dihimpun dan diberdayakan secara maksimal.
“Untuk itu dengan adanya organisasi ini bisa memberdayakan kemampuan mahasiswa dan pemuda Aceh khususnya yang ada di Jakarta dan sekitarnya”, harapnya. Dirinya juga berpesan kepada IMAPA Jakarta, untuk lebih berperan dalam membantu dan mengawal kinerja Pemerintahan Aceh. “Kedepannya pemuda Aceh di Jakarta harus cepat merespon apa yang terjadi di Aceh”, ajaknya.

Ditempat yang sama, Alfi Syahriati, selaku Ketum PP IMAPA Jakarta memaparkan bahwa IMAPA Jakarta dalam satu sampai dua tahun kedepan akan fokus dalam membina kader dan mengkonsolidasikan semua mahasiswa dan pemuda Aceh yang di Jabodetabek. “Kita harus dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan tindakan nyata dalam rangka menyonsong New Aceh Society kedepan”, paparnya.

Para mahasiswa juga diingatkan oleh Penasehat IMAPA Jakarta, Mawardi Hasan. Dirinya berpesan kepada kader dan mahasiswa IMAPA Jakarta untuk terus berkarya dan mengabdi untuk masyarakat yang ada disekitar dimana tempat kita kuliah saat ini. “Yang perlu diingat adalah kader IMAPA Jakarta juga harus menjaga sopan santun dimanapun berada dan jangan sampai  menghilangkan identitas selaku orang Aceh”, ucapnya.

Sementara itu Ketua Departemen Pengembangan Organisasi dan Jaringan IMAPA Jakarta, Amizar Isma menuturkan
jika mahasiswa dan pemuda Aceh harus berprestasi dan mendapatkan pendidikan tinggi sehingga mampu dan siap bersaing dalam era global saat ini.
“Sangat miris melihat begitu banyaknya dana Otsus Aceh sebesar 8,1 triliun rupiah, tetapi peringkat pendidikannya malah sangat mengecewakan. Tidak tahu kemana aliran dana tersebut. Untuk itu pihaknya berharap agar Pemerintah Aceh lebih peduli dan transparan kepada rakyat Aceh dalam mengelola keuangan daerah”, katanya.

Sejak tahun 2010, IMAPA Jakarta memberikan beasiswa kepada pemuda Aceh yang putus sekolah di Aceh kemudian untuk dapat kuliah di Jakarta, sebanyak 3-4 orang pertahunnya.
Silaturahmi ini juga dijadikan sarana konsolidasi menjelang MUBES XXI PP IMAPA Jakarta yang akan diselenggarakan pada Desember 2013 mendatang. (Rin/Amz).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.