IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Hujan Deras Guyur Halbar, Ratusan Rumah Tergenang

IndonesiaBicara-Jailolo, (27/05/11). Hujan deras yang menguyur Kabupaten Halmahera Barat beberapa hari ini telah menimbulkan banjir di sebagian wilayah, seperti di Desa Todowongi, Desa Bukumatiti, Desa Akediri, Desa Gamomeng dan Desa Susupu.

Genangan air akibat hujan deras telah merendam ratusan rumah, memaksa warga untuk pindah ke lokasi yang lebih tinggi dan menimbulkan sejumlah kerugian materi. Banyak ternak ayam dan babi yang hilang akibat terbawa air.

Kegiatan belajar dan mengajar di sejumlah sekolah pun terpaksa diliburkan karena banyak sekolah yang tergenang air.

Sejumlah warga pun mengeluh sebab Pemerintah Daerah Halbar lambat dalam mengantisipasi banjir. Telah terjadi banjir berulang kali akan tetapi tidak ada upaya nyata dari pemerintah untuk menanggulanginya.

Menurut Kepala Desa Akediri, Marten banjir memang sudah menjadi langganan bagi masyarakat Akediri yang bermukim disekitar sungai. Pihak Pemkab Halbar pernah mengutarakan akan dilakukan pelebaran dan pengerukan sungai, namun hingga saat ini belum ada realisasi hingga warga selalu cemas apabila hujan deras turun dalam kurun waku yang lama. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.