IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Hingga Juli 2011 BPMKB Kota Surabaya Temukan 42 Kasus Trafficking

IndonesiaBicara-Surabaya, (25/08/11). Jumlah kasus trafficking tahun 2010 mencapai 42 kasus, dengan rincianĀ  korban anak-anak 22 orang, dan perempuan 20 orang. Sedangkan jumlah kasus trafficking dari Januari-Juli 2011 mencapai 42 kasus, dengan rincian korban anak-anak 30 orang dan perempuan 12 orang. Modus yang biasa dilakukan dalam trafficking antara lain masalah ekonomi, eksploitasi seksual, dan kekerasan fisik. Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Surabaya, Dr Ikhsan, Kamis (25/08/2011).

Dalam menangani kasus trafficking, BPMKB bersama Kepolisian, Kejaksaan, Imigrasi, LSM, Rumah Sakit telah membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Perdagangan Orang Kota Surabaya. Gugus Tugas akan menangani secara bersama setiap ada laporan pengaduan. Gugus Tugas Kota Surabaya juga terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas di tingkat propinsi dan tingkat nasional.

Upaya pencegahan yang dilakukan BPMKB Kota Surabaya kepada masyarakat, diantaranya melakukan sosialisasi pengenalan dan jenis-jenis trafficking, serta apa yang harus dilakukan jika mengalami kasus trafficking di 228 SMA dan SMK negeri dan swasta di Surabaya. Materi yang sama juga diberikan kepada kepala sekolah dan guru bimbingan konsultasi. BPMKB nomor hotline 0317003911 sebagai sarana konsultasi dan pengaduan yang dapat dihubungi selama 24 jam. (AK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.