IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Hatta: Menaikkan Harga BBM, Bukan Opsi

VIVAnews – Pemerintah memastikan belum akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi, meskipun harga minyak mentah dunia melambung.

“Ini bukan opsi pemerintah,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Senin, 3 Januari 2011.

Menurutnya, pemerintah akan tetap berkomitmen dengan asumsi makro APBN 2011. Hatta mengatakan, saat ini akan terlalu banyak respons negatif terhadap kebijakan pengaturan bahan bakar bersubsidi, termasuk bila pemerintah menaikkan harga solar dan premium.

Pemerintah memilih untuk mengelola suplai dan permintaan BBM untuk menekan biaya subsidi.

Di sisi suplai, pemerintah akan membangun iklim investasi yang sehat di sektor minyak dan gas bumi. Selain itu pemerintah juga akan melakukan diversifikasi energi dari minyak menjadi gas bumi.

Pemerintah mengklaim telah mengambil kebijakan menyeragamkan harga gas, mendorong infrastruktur pengisian bahan bakar gas. “Kami akan berikan insentif bagi pengembang yang hendak membangun infrastruktur,” katanya.

Sedangkan di sisi permintaan, pemerintah akan terus mengatur agar BBM bersubsidi digunakan hanya oleh orang-orang yang berhak. Pemerintah juga akan mengacu pada pola subsidi tepat sasaran dan melakukan pembatasan konsumsi bahan bakar bersubsidi. (kd)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.