IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Gempa Kekuatan 4 Skala Richter Guncang Kecamatan Moramo

IndonesiaBicara.com–Kendari, (05/05/11). Gempa berkekuatan 4,0 Skala Richter mengguncang Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Gempa yang terjadi sekitar pukul 04.26 Wita dinihari tadi memiliki pada kedalaman 10,5 km.

Selain di Kecamatan Moramo dan sekitarnya, getaran gempa juga dirasakan oleh warga di Kecamatan Kolono dan Kota Kendari. Walau tidak menimbulkan kerusakan, namun getaran gempa ini sempat membuat warga panik.

Menurut Kepala BMKG Kendari, Suwardi, gempa ini merupakan rangkaian gempa susulan dari peristiwa gempa sebelumnya yang terjadi pekan lalu. Penyebab gempa kurang lebih sama, karena adanya aktivitas pergeseran sesar Lasolo dan Teluk Tolo.

BMKG menghimbau agar warga tidak perlu panik secara berlebihan apalagi sampai harus meninggalkan rumah karena gempa susulan yang terjadi merupakan proses penyesuaian energi bumi pasca gempa sebelumnya.

“Gempa seperti ini akan kekuatannya cenderung menurun hingga berakhir,” ujar Suwardi. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.