IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Franz Magnis: “Papua Tidak Sama Dengan Timor Timur”

Rohaniawan Franz Magnis Suseno, yang semula merupakan warga negara Jerman dan sudah berstatus sebagai WNI sejak tahun 1977 itu menyerukan agar Organisasi Papua Merdeka (OPM) menghentikan pendekatan bersenjata mereka.

Lebih lanjut rohaniawan Katholik tersebut  menegaskan bahwa Papua tidak sama dengan Timor Timur (kini bernama Timor Leste) yang merdeka pada 2002.  Hal tersebut tidak mempunyai masa depan dan hanya akan menambah pembunuhan serta kematian yang merugikan Papua.

“Papua bagian sah dari Indonesia tetap akan jadi bagian sah dari Indonesia. Jangan kira Papua sama dengan Timor Timur,” ujarnya.

Ia mengatakan, Papua adalah bagian dari Indonesia, sehingga jika ada persoalan seperti saat ini, harus dicari jalan keluar demi persatuan.

Sementara itu, mantan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Eddy Pratomo, menyatakan bahwa adanya suatu gerakan upaya Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) yang menggaungkan perlunya referendummerupakan hal yang tidak berdasar. Keinginan segelintir kelompok untuk referendum bagi Papua bukan lagi penentuan nasib sendiri namun masuk kategori separatisme. “Bukan hanya hukum nasional yang melarang referendum bagi Papua, melainkan juga hukum internasional,” ujarnya Eddy Pratomo.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.