IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Fraksi Desak Pimpinan DPRD Paripurnakan Interpelasi

IndonesiaBicara.com-Tigaraksa, (28/01/12). Beberapa fraksi di DPRD Kabupaten Tangerang mendesak pimpinan dewan untuk segera menggelar paripurna interpelasi kepada Bupati Tangerang Ismet Iskandar terkait tidak dilaksanakannya program R-PNPM 2011 yang telah dialokasikan APBD sebesar Rp25 miliar.

“Kami dari fraksi demokrat meminta kepada pimpinan dewan untuk segera bersikap dan merealisasikan usulan interpelasi yang telah dilayangkan 27 anggota dewan pada 17 Pebruari lalu,” ujar Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Tangerang Moh Nawa Said Dimyati.

Senada, Ketua Fraksi Hanura Supajri menyatakan tidak ada alasan lagi untuk pimpinan dewan untuk tidak menjalankan usulan interpelasi yang merupakan hak legislatif dalam meminta penjelasan kepada Bupati Tangerang terkait tidak dilaksanakannya R-PNPM 2011.

“Interpelasi ini bukan momok yang meyeramkan. Kami sebagai wakil rakyat memiliki hak untuk melakukan interpelasi. Kami hanya bertanya kepada Bupati, kenapa R-PNPM 2011 itu tidak dilaksanakan padahal sudah dianggarkan,” tandasnya.

Menurut Supajri, tidak ada alasan lagi bagi pimpinan dewan untuk tidak melaksanakan paripurna interpelasi. Ini karena, penggunaan hak interpelasi sendiri telah dirapatkan dalam badan musyawarah (Banmus) yang memiliki kekuatan kedua setelah paripurna.

“Interpelasi harus tetap dilaksanakan,” tukas Supajri.

Begitupun Ketua Fraksi PDIP Akhmaluddin dan Ketua Fraksi PPP Naziel Fikri. Mereka menegaskan, hak interpelasi yang akan digunakan sejumlah anggota dewan ini bukan hanya persoalan R-PNPM 2011 yang tidak dilaksanakan. Namun, program kegiatan lainnya yang telah ditetapkan di APBD 2011 namun tidak dilaksanakan.

“Bukan hanya R-PNPM, tapi banyak kegiatan APBD 2011 yang tidak dilaksanakan. Tentu saja ini berpengaruh dalam perkembangan pembangunan di Kabupaten Tangerang,” ujar Naziel.

Diinformasikan, sebanyak 27 anggota DPRD Kabupaten Tangerang menandatangi surat rekomendasi untuk menggunakan hak interpelasi kepada Bupati Tangerang Ismet Iskandar terkait tidak dilaksanakannya program R-PNPM tahun 2011 yang telah dialokasikan APBD sebesar Rp 25 milyar.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Amran Arifin membenarkan telah menerima surat penyampaian interpelasi yang disampaikan 27 anggota dewan. Dalam waktu dekat ini, dirinya akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pimpinan dewan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Intan Nurul Hikmah tidak mempersoalkan akan digunakan hak interpelasi puluhan anggota dewan kepada Bupati Tangerang Ismet Iskandar.

Bupati Ismet sendiri, kata Intan siap untuk menjawab setiap pertanyaan yang akan diajukan oleh DPRD. Menurutnya, Banyak alasan yang mengakibatkan program R-PNPM 2011 ini tidak dilaksanakan. Namun, untuk tahun ini program R-PNPM akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dan dananya sudah dialokasikan dalam APBD. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.