IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Forum Masyarakat Cinta Damai Adakan Seminar Nasional di Hotel Oval

Seminar Nasional dengan tema Menumbuhkembangkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Hotel Oval Surabaya, Sabtu (22/10).

IndonesiaBicara-Surabaya, (22/10/11). Forum Masyarakat Cinta Damai (FORMACIDA) dan Pemuda Garuda Sakti (PAGASA), bekerjasama dengan Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (PMHI) Surabaya mengadakan Seminar Nasional dengan tema Menumbuhkembangkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Hotel Oval, Sabtu (22/10). Hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Didik Mukrianto, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya Suparto Wijoyo.

Didik Mukrianto, dalam paparannya menjelaskan tentang kelebihan gerakan kepemudaan dan kekurangannya. Kelebihan gerakan kepemudaan yaitu mempunyai semangat yang tinggi, kritis, berani bertindak sehingga menjadi pelopor perubahan di setiap negara di dunia ini. Generasi muda dimanapun tampil sebagai pembaharu, sebagai akibat adanya ketidakpuasan terhadap pemerintah atau rezim yang berkuasa, serta kondisi masyarakat yang dihasilkannya.

Namun, gerakan kepemudaan juga memiliki kelemahan, yaitu seringkali bertindak tanpa pertimbangan dan perencanaan yang matang, kurangnya pengalaman sehingga gerakan yang dilakukan tidak terkontrol/teratur dengan baik, dan adanya kecenderungan bersikap anarkis atau menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan.
Sementara itu, Wisnu Sakti Buana mengatakan, kondisi pemuda saat ini dinilai cukup memprihatinkan, karena kurangnya rasa keperdulian terhadap permasalahan bangsa ini. Gerakan kepemudaan saat ini dinilai tidak revolusioner. Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan pemuda, perlu dimasukkan kembali kurikulum Pancasila baik di tingkat pendidikan dasar, hingga ke perguruan tinggi.

Sedangkan Suparto Wijoyo menilai, nasionalisme tidak lepas dari rasa kebanggaan terhadap bangsa sendiri. Tidak ada alasan bagi pemuda Indonesia untuk tidak mempunyai rasa nasionalisme terhadap bangsanya sendiri, karena Indonesia memiliki segala-galanya. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, karena terdiri dari berbagai macam ras, suku, bahasa yang beragam dan berstruktur. Indonesia juga memiliki banyak kesenian khas yang tidak dimiliki negara lain, bahkan Malaysia beberapa kali ingin mematenkan sejumlah kesenian dari Indonesia. (AK)

1 komentar untukForum Masyarakat Cinta Damai Adakan Seminar Nasional di Hotel Oval

  • Tiyang Atmojo

    Nasionalisme saat sekarang ini sudah semakiin tipis pada generasi muda di Indonesia. Semoga ajang-ajang seperti ini bisa menjadi wadah dan ajang penggodokan mental generasi muda untuk selalu menumbuhkan dan memiliki rasa nasionalisme. Salam

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.