IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

FKMLU Menggelar Dialog Terbuka Visi Misi Calon Bupati

Dialog Terbuka membedah visi misi pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Lombok Utara.

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (05/06/10). Forum Komunikasi Mahasiswa Lombok Utara (FKMLU) beberapa hari yang lalu di Lapangan Supersemar Tanjung, menyelenggarakan Dialog Terbuka membedah visi misi pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU). Dialog tersebut mengusung tema “menuju KLU yang berdaulat melalui Pemilukada yang demokratis” dengan sub tema “visi misi antara basa basi dan realisasi”.

Dialog terbuka kali ini hanya dihadiri pasangan Jasman Hadi-M Katur (JAKA) sedangkan 3 pasang calon lainnya tidak datang menghadiri.

Pihak FKMLU dalam kesempatan ini menghadirkan panelis antara lain, Prof Dr H Galang Asmara, SH, M Hum (Ahli Hukum dan Pemerintahan), dr I Komang Grudug, MPH (Ahli Kesehatan) dan, Dr Iwan Harsono (Ahli Ekonomi).

Ketua FKMLU dalam sambutannya mengemukakan kegiatan ini bertujuan membangun budaya berpolitik di masyarakat, serta membangun komitmen pasangan calon dalam menawarkan pembangunan yang berlandaskan kearifan lokal sesuai visi misi dan konsep otonomi daerah. Pihaknya tidak menginginkan jika setelah Pemilukada berakhir antara Tim Sukses dan pasangan yang menang terjadi pembedaan status, dimana yang sebelumnya sebagai Tim Sukses akan mendapat perlakuan lebih baik.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran berpolitik kepada masyarakat dan masyarakat diharapkan dapat secara netral menilai masing-masing calon. Meskipun kegiatan ini dapat dikatakan gagal karena tidak dihadiri semua calon, akan tetapi hal ini merupakan langkah awal yang baik bagi kegiatan mahasiswa.

Calon Bupati Jasman Hadi, dalam kesempatan ini memaparkan visi misi yang sebelumnya pernah disampaikan dalam Rapat Paripurna di DPRD KLU.

“Saat ini banyak Perda yang tidak berpihak kepada masyarakat, tetapi lebih mementingkan PAD yang dapat diterima oleh pemerintah daerah. Kami akan membuat regulasi dan Perda yang bisa menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Jasman berjanji akan menyukseskan program pemerintah baik kesehatan gratis atau pendidikan gratis. Jika ada calon lain yang memiliki program gratis hal tersebut tidak benar karena sudah diprogramkan dari Pusat.

Kesimpulan dalam pertemuan ini dibacakan salah seorang panelis, Dr Sukri yang menyatakan visi-misi dan hasil pemaparan sudah cukup bagus. Terdapat harapan besar untuk mengembangkan bidang pendidikan sehingga ada peningkatan persentase masyarakat yang mendapat pendidikan sarjana. Oleh karena itu dirinya berharap visi-misi dapat dilaksanakan dengan konsisten karena akan berdampak di masa nanti jika calon tersebut terpilih menjadi pemimpin di KLU. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.