IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Erry: Sudah Saatnya Penyidik KPK Dari Luar Polisi dan Jaksa

kpk1

Gedung KPK (/ist)

IndonesiaBicara.com –Jakarta, (05/01/10). Anggodo Widjojo masih terus menghirup udara bebas di tengah desakan publik agar dia dijadikan tersangka dalam kasus korupsi di tubuh PT Masaro Radiokom. KPK pun didesak menghadirkan penyidik dari luar polisi dan jaksa agar bisa lebih profesional.

“Saya mendukung cicak dan ICW agar Anggodo dijadikan tersangka. Tapi saya lebih berpendapat semakin dibutuhkannya penyidik-penyidik yang bukan berasal dari polisi dan jaksa,” kata mantan Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas kepada indonesiabicara.com, Senin (04/01) malam.

Para penyidik tersebut menurut Erry bisa saja berasal dari para pengacara, mantan jaksa, mantan polisi yang dianggap memiliki kemampuan serta profesional dalam melakukan penyidikan.

“Dari mana saja yang penting profesional. Bisa dari mantan polisi, jaksa, atau lawyer yang berpengalaman. Ditambah taining khusus oleh KPK sendiri,” imbuhnya.

Untuk melatih para penyidik ini, imbuh Erry, KPK bisa juga melakukan kerjasama dengan pihak-pihak dari luar seperti FBI, negara-negara sahabat seperti Singapura, Australia, Malaysia dan sebagainya.

Dia mengatakan, dibutuhkan penyidik yang handal untuk menangani kasus korupsi yang besar. Dengan memiliki tim penyidik sendiri, justru KPK malah ikut meringankan tugas polisi dan jaksa.

“Dibutuhkan penyidik handal untuk menangani korupsi. Kalau KPK punya jaksa sendiri, nantinya malah bisa meringankan tugas polisi dan jaksa,” tandas Erry.

(pri)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.