IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Era Reformasi, Pancasila Alami Kemunduran

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan, (31/05/12). Pancasila di era reformasi ini dinilai mengalami kemunduran. Demikian dijelaskan Humas Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (Komando) Yudi Rizali Muslim saat dihubungi IndonesiaBicara.com jelang peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Pancasila di era reformasi saat ini, mengalami kemunduran eksistensi dan jati dirinya, Pancasila sebagai warisan sejarah yang dilahirkan dari proses perjuangan para pahlawan bangsa, dengan tumpahan darah dan ratusan ribu nyawa rakyat yang gugur, kini hanya dijadikan jargon-jargon elit politik di legislatif dan eksekutif”, terang aktivis Universitas Pamulang ini.

Menurut Yudi, para elit telah melakukan pengkhianatan terhadap Pancasila dan hal ini harus kembali dikembalikan kepada rel-nya sebagai falsafah bangsa. Untuk itu  kelompok/penguasa yang telah menghianati Pancasila harus ditindak secara hukum dan sosial melalui gerakan perjuangan mahasiswa pemuda.

“Komando dengan kesungguhan hati dan keseriusan, berpegang teguh kepada maklumat mahasiswa bersatu untuk rakyat menggugat SBY-Boediono mundur dari jabatannya dan adili seadil-adilnya serta cabut mandat DPR/MPR”, tegas Yudi.

Komando menilai lembaga negara ini telah menghianati konstitusi. “Mengkhianati konstitusi sama saja menkhianati Pancasila. Untuk itu Komando akan terus mengkritisi kebijakan-kebijakan para penguasa negara”, tandasnya. (rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.