IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

DPRD BARUT Minta Pekerja Asing Perpanjang IMTA

IndonesiaBicara-Muara Teweh, (15/02/10). Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, Taufik Nugraha menghimbau para pekerja asing memperpanjang izin masuk tenaga kerja asing (IMTA) di daerah setempat dan bukannya di Jakarta. “Hormati daerah ini yang punya kewenangan untuk mengurus perpanjangan IMTA,” kata Taufik Nugraha kepada wartawan di Muara Teweh, Senin (15/02).

Menurut Taufik, perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing di daerah ini, tetap diminta mengurus IMTA kepada Pemkab setempat. Pemerintah daerah, kata dia, sudah melayangkan surat ke sejumlah perusahaan tambang batu bara yang mempekerjakan warga asing untuk mengurus IMTA di daerah ini. “Hal ini merupakan upaya peningkatan kewenangan kabupaten sesuai peraturan yang berlaku,” kata ketua komisi yang membidangi tenaga kerja DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sesuai aturan sebelumnya Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Barito Utara, Marconi Stenly mengatakan saat ini masih ada perusahaan yang mengurus IMTA di Pusat, padahal sesuai peraturan mereka harus memperpanjang dokumen itu di daerah tempatnya bekerja. Menurut Marconi, kewenangan Bupati untuk memperpanjang IMTA itu sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.02/MEN/III/2008 tentang tata cara penggunaan tenaga kerja asing pasal 27 ayat 2-c.

Dari sejumlah investor yang mempekerjakan ekspatriat itu, kata dia, perusahaan tambang batu bara PT Victor Dua Tiga Mega (VDTM) memperpanjang dokumen IMTA pekerja asingnya di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jakarta .

Marconi mengatakan, pihaknya juga masih belum menerima salinan dokumen IMTA tersebut yang pekerja asingnya semua warga negara India. Saat ini baru satu pekerja asing yang memperpanjang IMTA di Kabupaten Barito Utara. Dia bekerja di PT Hass Coal di wilayah Desa Benao Kecamatan Lahei.
Pekerja asing di kabupaten pedalaman Sungai Barito ini sebanyak 22 orang, semuanya bekerja di empat perusahaan tambang batu bara sebagai tenaga ahli. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.