IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Distanak Sidak Lapak Penjual Hewan Qurban

Indonesiabicara.com—CIKUPA (09/10/2013)  Tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian dan peternakan dari Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten melakukan pemeriksaan hewan kurban di wilayah Cikupa. Tim gabungan ini menemukan puluhan hewan kurban yang terkena iritasi mata. Serta hewan tak cukup umur masih dijual.

Petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang, Drh Eka mengatakan, pemeriksaan hewan kurban di wilayah Cikupa dilakukan bersama tim dari Provinsi Banten. Tim menelusuri lokasi penjualan dari Desa Cibadak sampe Desa Samprok. “Rata-rata 1-2 kambing yang diperiksa terkena iritasi mata,”ujar Eka di sela-sela pemeriksaan.

Lanjut Eka, sepanjang jalan tersebut setidaknya ada 10 titik penjualan hewan kurban yang menjual kambing, domba ataupun Sapi. Bagi hewan kurban yang sakit parah dilarang untuk tidak dijual, sebab pengobatan secara sistemik tidak boleh. “Sementara yang terserang penyakit ringan seperti iritasi mata, kami berikan pengobatan gratis berupa salep. Kami juga memberikannya secara gratis kepada penjual hewan kurban,”kata Eka.

Petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Drh Rina Herviana menambahkan, setiap tahun pihaknya rutin bersama tim dari Kabupaten Tangerang melakukan pemeriksaan hewan kurban. “Hasilnya memang ada beberapa hewan kurban yang terkena iritasi mata, tapi tidak ada penyakit serius atau berbahaya. Sehingga hewan kurban di wilayah Cikupa layak untuk dikonsumsi. Soal iritasi mata pada hewan disebabkan karena debu saat perjalanan diantar ke lokasi penjualan,”kata Rina. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.