IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Disperindag dan Dinkes Kabupaten Tangerang Melakukan Sidak

IndonesiaBicara-Tigaraksa, (15/08/11). Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan BP Pom Provinsi melakukan sidak di dua swalayan besar yakni Farmers Summarecon dan Hypermart Lippo. Sidak difokuskan kepada makanan-makanan yang sudah kadaluarsa dan mengandung formalin atau boraks.

Maraknya parcel pada saat menjelang Idul Fitri ini membuat para penjual barang makanan sering sekali melakukan kecurangan yakni dengan mengabaikan masa kadaluarsa demi keuntungan belaka. Sidak kali ini juga dihadiri oleh Asisten Bidang Pembangunan Ahmad Suwandi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sarifudin mengatakan kegiatan sidak seperti memang biasa dilakukan setiap menjelang Idul Fitri. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dan untuk memberikan kontrol terhadap swalayan-swalayan besar.

“Perlindungan konsumen merupakan tanggung jawab kita,” ujar Safrudin.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Asep Sundawa menambahkan bahwa kegiatan ini juga dilakukan tidak selalu berjalan mulus, kadang terdapat hambatan juga seperti kurangnya SDM yang dapat memantau kegiatan pasar ini, tetapi dengan SDM yang ada saat ini kita akan bekerja dengan maksimal untuk satu pencapaian yang terbaik, tegas Asep.

Mantan Kabid Pemanfaatan Tata ruang ini menjelaskan bahwa kegiatan Disperindag sendiri dalam menghadapi Idul Fiti yakni diantaranya operasi pasar dan pasar murah pungkas Asep.

Menurut perwakilan BP POM Propinsi Leli Serapima apabila ada temuan maka akan ditindak dengan sesuai undang-undang yang berlaku, adapun untuk makanan yang mengandung formalin dan boraks akan diuji terlebih dahulu dengan pengujian kualitatif.

Sementara Manager Store Farmer Firman mengklaim produk-produk yang dijual di Farmers ini sudah melalui standar yakni dengan diperhatikannya kualitas barang dan kemasan.

Sedangkan Kepala Toko Hypermart Sandi juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan sangatlah baik dan positif karena dengan adanya sidak seperti ini memacu pedagang untuk lebih peduli terhadap barang makanan dan minuman yang dijual, baik itu dari masa kadaluarsa, kemasan, kandungan isinya dan siapa yang memproduksi. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.