IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Diskusi Publik : Kandidasi Karbit Partai Politik

IndonesiaBicara.com-SERPONG (29/03/13). Partai politik harus mampu menjadi mesin demokrasi yang efektif dan seharusnya proses demokrasi¬† tidak dibajak dengan keberadaan partai politik yang menggadaikan tujuan ideal demokrasi. Demikian dijelaskan oleh Veri Muhlis Arifuzzaman dari Perhimpunan Menata Tangsel disela-sela Diskusi bertema “Kandidasi Karbit Partai Politik”, Kamis (28/03) di Restauran Telaga Seafood BSD City Serpong Tangerang Selatan.

“Saat ini masyarakat menempatkan partai politik masih belum bisa memberikan harapan. Saya berharap lahir kader-kader yang memiliki kemampuan dan integritas yang tinggi dalam Pemilu 2014 mendatang”, ungkap Veri.

Menurut Veri Muhlis, saat ini masyarakat berharap agar Pemilu 2014 nanti bisa melahirkan anggota legislatif yang bisa memahami kebutuhan masyarakat.

“Dalam bekerja anggota legislatif harus memiliki pengalaman yang bersentuhan dengan masyarakat sehingga menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika tidak ada Caleg yang berkualitas maka partisipasi masyarakat akan menurun dalam Pemilu 2014 mendatang”, terangnya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka, Ricki Handayani, menjelaskan bahwa para Caleg perlu membangun citra yang positif ditengah-tengah masyarakat, karena pencitraan sangat penting dalam dunia politik. Namun selain pencitraan, kinerja juga jangan sampai diabaikan dan kalau bisa berjalan beriringan.
“Saat ini pemerintah kita sedang dalam kondisi yang kurang baik, hal ini terbukti apapun yang dicitrakan positif oleh pemerintah tetap saja dinilai negatif. Misalnya pemerintah mengangkat isu peningkatan dan perkembangan dalam bidang ekonomi namun tetap saja dinilai negatif oleh masyarakat”, kata Ricki.

Pada kesempatan yang sama Ahli Hukum, Rudi Alfonso berpesan agar masyarakat harus bisa memilih dan jangan tertipu dengan janji-janji caleg saat mereka berkampanye.

“Konstituen harus cerdas dan pro aktif mencari asal-usul Caleg yang akan dipilihnya. Mencarinya bisa melalui internet atau media-media lainnya”, jelasnya.

Menurut Rudi penilaian terhadap kualitas Caleg harus yang diutamakan oleh masyarakat, jangan sampai memilih para Caleg yang tidak berkualitas sama sekali, terutama pengetahuannya tentang hukum dan peraturan, karena DPRD merupakan tempat menghasilkan produk hukum disetiap daerah. (rintho)

FOTO : (Ki-Ka) Istijar (moderator), Perhimpunan Menata Tangsel Veri Muhlis, Ahli Hukum Rudi Alfonso, Wapemred Rakyat Merdeka Ricki Handayani.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.