IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Diskusi Publik Jelang Pemilukada Gubernur Banten

Salah satu pembicara sedang memberikan materinya

Salah satu pembicara sedang memberikan materinya.

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan, (12/08/11). Pemilukada Banten tak lama lagi dilaksanakan, masyarakat Banten akan memilih pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2012-2017. Publik pun berharap, Gubernur Banten terpilih bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi Banten saat ini, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu terungkap dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kota Tangerang Selatan (Himakotas), Jum’at (12/08).

Diskusi yang menghadirkan Fahri, Ketua Panwas Tangerang Selatan, Iman Perwira, Ketua KPUD Kota Tangerang Selatan, Dedy Ramanta, Direktur Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan, Andi Saparni, Praktisi Hukum, serta Hasyim, Kabid Usaha Satpol PP Tangerang Selatan itu dihadiri mahasiswa serta masyarakat Tangerang Selatan yang berlangsung di Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan.

Dedy Ramanta menyoroti soal pentingnya peningkatan kualitas partisipasi serta wacana demokrasi dalam Pemilukada Banten. Menurut Dedy, selama ini, Pemilukada hanya berkutat pada aspek prosedural saja, sehingga tingkat partisipasi yang tinggi tidak menjadi jaminan melahirkan pemimpin yang mampu menjawab persoalan publik, hal tersebut disebabkan karena rendahnya kualitas wacana demokrasi yang dibangun penggiat demokrasi.

“ Saat ini partispasi dalam Pemilukada tak lebih dari mobilisasi,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Dedy, perlu didorong munculnya kualitas wacana, sehingga terjadi proses pendidikan politik yang baik. Tawaran visi misi dari calon Gubernur serta program-program mereka lebih penting ketimbang politik transaksi yang lazim terjadi.

“Sehingga masyarakat banten tidak memilih gubernur karena sosok figure, melainkan karena tawaran visi dan misi serta program yang akan dilaksanakannya,” tegasnya.

Hal tersebut diperkuat oleh pembicara lain, Andi Saprani, mengatakan bahwa hasil Pemilukada itu harus dapat mensejahterakan rakyat. Hal itu dapat tercapai ketika tiga instrumen terpenuhi, yaitu calon Gubenur yang mumpuni, masyarakat yang cerdas serta lembaga penyelenggara netral dan professional.

“Ketiga instrumen itu sangat menentukan lahirnya pemimpin yang bisa bekerja untuk mensejahterakan rakyat” katanya.

Andi pun mensikapi tindakan satpol PP Kota Tangerang Selatan yang terindikasi tidak netral dalam penertiban spanduk calon Gubernur di Tangerang Selatan.

Menjawab pertanyaan peserta atas pemanggilan Wahidin Halim oleh Panwaslu, Ketua Panwaslu Kota tangerang Selatan menjawab, bahwa pihaknya bukan memanggil, melainkan mengundang untuk melakukan klarifikasi atas laporan masyarakat.

“Kami hanya menindaklajuti laporan, jika ada laporan kami tindaklanjuti,” katanya.

Sementara perwakilan Satpol PP yang di wakili oleh Kabid Usaha Hasyim terkait dengan pertanyaan-pertanyaan pedas terhadap Satpol PP semisal, Satpol PP tidak netral dalam penertiban atribut menyatakan ”siap bekerja sama dengan masyarakat dalam mensukseskan pemilukada Banten serta akan bersikap netral dalam penertiban atribut calon gubernur dan wakilnya”.

Sedangkan Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Iman Perwira lebih menekankan pada teknis pelaksanaan Pemilukada seperti tahapan, sosialisai dan pelaksaan.

“Kami selaku penyelenggara menghimbau kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilukada Banten,” katanya. Himbauan Iman ini di karenakan biaya penyelengggaraan Pemilukada sangat besar.

Agil Nopembryanto, panitia pelaksana diskusi mengatakan, diskusi ini diselengarakan Himakotas dalam rangka mengawal proses Pemilukada di Banten yang mulai memasuki tahapan penetapan calon.

Masyarakat harus bertindak aktif dengan mengembangkan wacana dan mengawal setiap proses Pemilukada Banten.
Agil pun menambahkan, diskusi ini juga bagian dari pendidikan politik terhadap masyarakat, agar dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur masyarakat tidak salah pilih pemimpin. Dan diskusi diakhiri dengan buka puasa bersama. (Rls/Rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.