IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Dishub Harapkan Pemudik Patuhi Peraturan Lalu Lintas

IndonesiaBicara-Pekanbaru, (09/08/11). 21 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H Dinas Perhubungan Propinsi Riau telah mempersiapkan semua rencana operasi penyelenggaran angkutan mudik tahun ini.  Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Propinsi Riau R Sugeng Setyono mengatakan untuk tahun 2011, diperkirakan tidak akan terjadi lagi penurunan arus mudik baik di transportasi darat, laut maupun udara.

Di tahun 2010, terjadi penurunan yang sangat signifikan pada transpotasi darat yang mencapai sebesar 40,13%. Untuk transportasi udara hanya mengalami penurunan sebesar 0,04% sedangkan transportasi laut mengalami kenaikan 6,58% khusus di Pelabuhan Pekanbaru dan Selat Panjang, dan hanya Pelabuhan Dumai  dan Bengkalis yang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan kecenderungan meningkatnya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi baik itu roda 4 maupun roda 2.

Sugeng juga menambahkan kegiatan Monitoring Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2011 akan mulai pada H-7 sampai dengan H+7 dan Dishub Riau akan mengerahkan 234 personil untuk bertugas di posko induk, terminal, pelabuhan, bandara dan jembatan timbang.

Sementara itu Kasubag Bina Program Bambang Ferianto mengatakan, berdasarkan pemantauan dan pendataan selama penyelenggaraan operasi angkutan Lebaran pada tahun 2010, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebesar 40,47%. Ini disebabkan kesadaran pemudik yang lebih berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas. Maka, untuk tahun 2011 ini diharapkan pemudik tetap behati-hati serta mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Dalam upaya meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas di jalan khususnya dalam mengatisipasi peningkatan pergerakan pemudik selama periode Lebaran, Dishub Riau melalui dana APBD dan APBN Tahun 2009 dan Tahun 2010 telah melakukan penambahan fasilitas dan rambu-rambu keselamatan jalan di beberapa ruas jalan Nasional dan Propinsi. (Muis)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.