IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Dinas Dukcapil Gelar Operasi Simpatik Kependudukan di Tiga Gili

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (14/11/11). Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Sosial dan Tenaga Kerja, Kabupaten Lombok Utara, menggelar operasi simpatik terkait ketertiban kependudukan bagi masyarakat tiga Gili dan bagi para pekerja serta pendatang lokal dikawasan wisata Tramena. Operasi kependudukan itu melibatkan beberapa dinas instansi, seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan termasuk Satuan Polisi Pamong Praja Lombok Utara.

Hari pertama operasi yang akan digelar selama sepekan itu, dimulai dari kawasan Bangsal, pemenang kemudian menuju Pulau trawangan. Para petugas tim operasi simpatik itu berkeliling melakukan pemeriksaan kartu penduduk dan identitas warga disejumlah hotel dan usaha wisata setempat. Puluhan pedagangan asongan termasuk beberapa pengunjung luar daerah juga menjadi sasaran operasi. Dalam melakukan operasi, tim lebih banyak mendata sekaligus memperingatkan para pengunjung, untuk melengkapi diri dengan kartu identitas.

Kepala Dinas Dukcapilsosnaker Lombok Utara, HA Akhmad Alwi ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, wilayah tiga Gili merupakan kawasan wisata internasional, sehingga perlu dilakukan penertiban administrasi kependudukan. Sasaran operasi menurut Haji Alwi, adalah masyarakat lokal diluar WNA. “Operasi itu lebih merupakan bentuk peringatan bagi warga agar melengkapi diri dengan KTP, termasuk juga bagi pengunjung yang diwajibkan membawa identitas diri” katanya.

Haji Alwi menyebutkan, operasi simpatik kependudukan itu juga merupakan rangkaian sosialisasi dalam rangka persiapan penerapan e-KTP di Kabupaten Lombok Utara di tahun 2012 mendatang. Dan terkait hal itu, ia menegaskan, bahwa pihaknya telah menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dalam waktu dekat akan diserahkan kepada masyarakat sebagai salah satu persyaratan proses e-KTP bagi masyarakat. (syaif/E)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 4 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.