IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Demo, FICE Konawe Tanam Pohon Pisang Dibadan Jalan

IndonesiaBicara.com-Unaaha, (28/04/11). Karena kesal dengan kerusakan jalan Pasar Buah yang menghubungkan Kendari-Kolaka di Lingkungan Rahabangga Kabupaten Konawe, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Insan Cita (FICE) Konawe dan masyarakat melakukan aksi menanami pohon pisang dan ubi dibadan jalan, (28/04).

Akibat aksi tanam pohon pisang yang dilakukan oleh mahasiswa dan masyarakat Rahabangga, sejumlah kenndaraan terpaksa memilih jalur lain untuk dilalui, pasalnya, jalan yang telah ditanamn sejumlah pohon pisang tersebut, tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Salah seorang mahasiswa yang ikut serta dalam aksi tersebut, Syamsul Jaiz mengatakan, alasan dilakukan penanaman pohon pisang ditengah jalan ialah karena kesal dengan Gubernur Sultra Nur Alam yang tidak perduli dengan infrastruktur jalan khususnya di Kabupaten Konawe.

“Nur Alam itu hanya Gubernur Kota Kendari dan Kecamatan Konda, indikatornya infrastruktur jalan yang baik di Sultra hanya Kota Kendari dan Kecamatan Konda, jadi dia bukanlah Gubernur Sultra, dan jika dia Gubernur Sultra, dia tidak akan mengabaikan infrastruktur jalan lain di Sultra, yang saat ini terbengkalai,” ujar Jaiz.

Lanjut Jaiz, jika infrastruktur jalan tidak segera diperbaiki, pohon-pohon pisang akan tetap ditanam di badan jalan sampai ada upaya perbaikan dari Pemerintah Propinsi.

“Saya sebagai putra daerah Kabupaten Konawe, menantang Gubernur Sultra, ketika masih ingin maju bertarung ke periode ke dua, jangan harap akan mendapat dukungan di Kabupaten Konawe, terlebih jika infrastruktur jalan belum diperbaiki,” tegas Jaiz.

Hal senada juga dikatakan pemuda Iswandi, mestinya pemimpin daerah dalam hal ini Gubernur memiliki kepekaan terhadap infrastruktur jalan, pasalnya Jalan Pasar Buah yang nota bene Jalan Propinsi acap kali menelan korban pengendara roda dua.

Pembayaran pajak jalan oleh pengendara selama ini, mestinya dimanfaatkan untuk perbaikan infrastruktur, khususnya jalan.

“Di Jalan Pasar Buah, sering sekali orang kecelakaan, karena hindari lobang malah masuk kubangan besar, jadi kalau tidak diperbaiki akan banyak korban lagi berikutnya, jadi kemana itu uang orang bayar pajak, jalan saja tidak bisa diperbaiki, bagaiamana dengan infrastruktur lain,” ujar Iswandi.

Aksi tanam pohon pisang di jalan Pasar Buah Lingkungan Rahabanga, Kelurahan Puunaaha, Kecamatan Unaaha, mendapat pengawalan dari Satuan Lalulintas dan Dalmas Polres Konawe serta menyita perhatian dari warga setempat. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.