IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Dari Masjid Untuk Kemajuan Perekonomian Umat

IndonesiaBicara.com-BEKASI (14/09/2016). Masjid selain sebagai sarana tempat ibadah umat Islam juga diharapkan dapat membantu perkembangan perekonomian khususnya umat Islam yang ada di sekelilingnya.

Hal ini merupakan impian salah satu aktivis Remaja Masjid (Risma) Al Mujahidin Bintara Dua Bekasi Barat, Suryanto. Karena menurutnya Masjid sangat berpotensi mengumpulkan zakat yang dapat dijadikan sebagai modal pengembangan perekonomian.

Suryanto yang akrab dipanggil Antho ini bercita-cita ingin memajukan tingkat ekonomi umat Islam bermula dari Masjid.

“Umat Islam yang saat ini menjadi mayoritas di Indonesia harus dapat memberikan kontribusinya bagi kemajuan ekonomi, salah satunya adalah mengembangkan Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Bazis),” papar Antho kepada IndonesiaBicara.com.

Antho menambahkan jika dikelola secara baik maka tidak mustahil Bazis ini dapat menjadi andalan ekonomi mikro untuk mengembangkan usahanya. Namun sayang hingga saat ini Bazis Al Mujahidin Bintara Dua belum dikelola secara profesional.

Untuk itu Antho bersama Remaja Masjid Al Mujahidin lainnya berupaya agar Bazis dapat menghasilkan dan mengembangkan ekonomi umat.

“Jangan hanya sekedar membayar zakat, kemudian habis dibagikan jangka pendek, namun yang harus dikembangkan adalah bagaimana zakat bisa dikelola dan dijadikan modal usaha sehingga mengangkat perekonomian khususnya ekonomi mikro,” terang Bapak dua anak ini.

Lulusan STM Pembangunan Jakarta ini berpendapat jika kita melihat zaman para sahabat Rasulullah dulu dimana zakat sangat berperan dalam memperbaiki nasib umat Islam jaman itu.

“Untuk itu yang harus diperbaiki adalah manajemen pengelolaan zakat,” ujar Antho.

Ia menambahkan, setelah Bazis dikelola secara baik baru nanti program-program lainnya akan dikembangkan kemudian. Seperti sarana pendidikan maupun pengelolaan lembaga koperasi Masjid yang diperuntukan pemenuhan kebutuhan jamaah sekitar Masjid. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 4 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.