IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Daftar Tunggu Haji di Lebak mencapai 3000 orang

IndonesiaBicara- Lebak, Lebih dari 3.000 calon jamaah haji (Calhaj) yang mendaftar di Kabupaten Lebak dipastikan tidak akan bisa diberangkatkan tahun ini (2009-red) dan harus menunggu hingga tahun 2013.Hal itu terjadi karena kuota penerimaan keberangkatan hanya 714 Calhaj setiap tahunnya sebagaimana porsi yang diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Agama (Depag) Provinsi Banten.

“Depag Kabupaten Lebak hanya mendapatkan jatah keberangkatan haji 714 orang per tahun, sementara pendaftar cukup banyak. Bahkan, yang dipastikan akan menjadi daftar tunggu saat ini sudah lebih dari 3.000 orang dan diprediksi akan habis berangkat di tahun 2013 mendatang,” kata Kepala Depag Kabupaten Lebak Amat Saepudin sesaat setelah mengikuti pembukaan manasik haji di Pendopo Pemkab, Senin (12/10) kemarin.

Dengan banyaknya pendaftar haji, Amat mengaku pihaknya akan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan maksimal kepada para calhaj dengan tidak melakukan kekeliruan sebagaimana yang kerap diinformasikan banyak media. “Hingga hari ini (kemarin-red) hanya tinggal 1 calhaj yang paspor hijaunya masih dalam proses,” ungkapnya.

Diterangkan Amat, sebagaimana diketahui, pada musim haji kali ini Kabupaten Lebak hanya bisa memberangkatkan 714 calhaj yang dibagi dalam 2 keloter dengan 2 jadwal waktu keberangkatan. “Keberangkatan pertama akan dilakukan keloter 11 sebanyak 450 jamaah pada 30 Oktober 2009 dan jadwal keberangkatan kedua akan dilakukan keloter 45 sebanyak 264 jamaah pada tanggal 18 November 2009,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya mengatakan pihaknya berharap para calhaj bisa menjaga kesehatan dan nama baik warga negara saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah nanti. “Mudah-mudahan para jamaah haji asal Kabupaten Lebak menjadi haji yang mabrur dan diridhoi Allah SWT,” tukasnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.