IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

CES : Pemkab Harus Membangun Budaya Sadar Wisata di Tapanuli Tengah

IndonesiaBicara-Pandan, (10/04/12). Sebagai salah satu daerah tujuan wisata sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli tengah membangun budaya sadar wisata dan sapta pesona di daerah ini, kata Direktur Eksekutf Civil Education Society (CES) Manuntun Sinaga.

“Itu sebagai kondisi ideal yang menunjukkan kesiapan masyarakat menerima Visitor atau Pengunjung, baik pengunjung dalam negeri maupun pengunjung dari luar negeri yang datang ke Kabupaten Tapanuli tengah,” katanya di Pandan, Selasa (10/04).

Dia menjelaskan kesadaran wisata harus dibangun mulai dari masing-masing individu sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar lagi yang memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Manuntun Sinaga mengatakan, dalam upaya menyiapkan Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai daerah tujuan wisata yang ideal untuk wisatawan yang berkunjung diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang konsep sadar wisata di kalangan masyarakat Tapteng.

Untuk itu, masyarakat yang berada di lingkungan objek wisata menjadi sasaran pemberdayaan dan upaya peningkatan kesadaran terhadap pembangunan pariwisata sehingga saat menerima wisatawan yang berkunjung, mereka mampu melayani dengan baik dan menyenangkan.

Direktur CES mencontohkan, Kabupaten Tapanuli Tengah yang memiliki potensi objek wisata yang beragam dari bangunan cagar alam, desa wisata, pantai pegunungan hingga seni budaya.

“Semua objek wisata tersebut perlu dijaga kelestariannya dan dikelola secara profesional agar dapat menarik wisatawan,” jelas Sinaga.

Lebih lanjut pria yang merupakan staf pengajar di SMP Negeri 2 Manduamas itu mengatakan, dalam upaya mensosialisasikan gerakan sadar wisata diperlukan proses panjang, namun dari proses tersebut di harapkan memperoleh hasil yang optimal.

Dalam hal ini Manuntun Sinaga juga berharap para pedagang di lokasi objek wisata untuk berbenah diri membangun kesadaran moral menuju suksesnya sejuta pesona di Tapteng yang mengandung tentang kebersihan, kenyamanan, keindahan, aman dan memberikan kenangan manis bagi wisatawan.

“Dengan lingkungan yang bersih serta nyaman, otomatis akan menarik perhatian para wisatawan ke objek-objek wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah dan sekitarnya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.