IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Cegah Terorisme, BNPT Beri Pelatihan Ke Pengurus Masjid

IndonesiaBicara.com-PAMULANG (16/12/14). Untuk mengatisipasi meluasnya faham radikal yang erat kaitannya dengan aksi terorisme Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bekerjasama dengan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Rumah Ibadah Kepada Takmir Masjid Dalam Rangka Pencegahan Terorisme.

Kegiatan yang mengambil tempat di Universitas Terbuka (UT) Pondok Cabe Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) ini sedikitnya diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari para Pengurus Masjid se-Tangsel maupun Tokoh masyarakat.

Dalam paparannya, Prof. Nasaruddin Umar menerangkan tentang radikalisme. Dimana radikalisme menurut Nasaruddin Umar dibagi dua kategori.

“Para pengurus masjid harus memahami bahwa radikalisme terbagi menjadi dua yaitu radikalisme pasif adalah kelompok yang mempunyai pemikiran radikal tetapi tidak setuju dengan cara-cara kekerasan dan kedua adalah radikalisme aktif dengan menunjukkan dirinya secara jelas dalam berbagai cara untuk memenangkan pemikirannya”, ungkapnya.

Menurutnya yang terpenting di dalam Al-Quran adalah bagaimana membangun masjid untuk ibadah selain itu digunakan sebagai tempat pemberdayaan umat.

Sementara dalam kaitannya dengan Islamic State Iraq and Syiria atau yang lebih dikenal dengan ISIS. Dirinya berpendapat bahwa fenomena ISIS yang saat ini berkembang didunia Internasional adalah murni gerakan politik dan bukan gerakan Islam.

“Untuk itu mari bersama-sama membuktikan bahwa Islam rahmatan lil alamin, dan membuktikan bahwa Islam adalah agama penuh kasih sayang”, jelasnya.

Sementara itu Direktur Deradikalisasi BNPT Prof. Irfan Idris menerangkan kepada peserta tentang lembaga BNPT.

“BNPT berdiri tahun 2012,dengan dukungan dari Komisi 1 DPR-RI karena latar belakang maraknya terjadi tindakan terorisme diberbagai daerah”, kata Irfan.

Irfan menambahkan, memang saat ini masjid menjadi sasaran utama untuk menyebarkan paham radikalisme.

“Maka di kesempatan ini kami mengajak kepada pengurus masjid untuk mencegah hal tersebut terjadi di Indonesia. BNPT juga mengajak kepada pengurus masjid untuk bersama-sama melakukan pencegahan tindak terorisme”, tandasnya (Rif/Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 8 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.