IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Buruh FSBKU Geruduk Kantor Disnakertrans Kabupaten Tangerang

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (26/08/2014) Puluhan buruh PT. Atishar Panel yang tergabung dalam serikat buruh Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Tangerang, Selasa (26/8). Dalam aksinya para buruh meminta kepada bagian pengawasan untuk memberikan teguran kepada management PT. Atishar Panel yang telah melakukan PHK sebanyak 156 orang karyawan kontrak.

Presidium FSBKU Kabupaten Tangerang, Koswara kepada Indonesiabicara.com mengatakan, Permasalahan yang terjadi di PT. Atishar Panel sudah berjalan selama dua bulan, namun sampai saat ini belum adanya penyelesaian dari pihak management dan tujuan kami mendatangi Disnakertrans Kabupaten Tangerang adalah untuk menyampaikan aspirasi, ujar Koswara.

“Permasalahan ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu, namun sampai saat ini tidak ada solusi dalam menyelesaikan permasalahan antara buruh dan management”.

Lanjutnya Koswara mengatakan, pihak management secara jelas telah melanggar Undang-Undang ketenagakerjaan karena tidak memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan yang memiliki masa kerja di atas tiga tahun, karena menurut undang-undang bahwa setiap perusahaan wajib memberikan THR kepada karyawan menjelang hari raya lebaran.

“Pelangaran kontrak dinilai telah terjadi, karena karyawan yang sudah empat tahun bekerja tidak diangkat menjadi karyawan tetap dan itu adalah pelangaran”, tutur Koswara.

Dilakukannya pemecatan terhadap 156 orang karyawan dinilai ada kepentingan management untuk melakukan union busting kepada serikat FSBKU, karena karyawan yang diberikan PHK oleh pihak management PT. Asthira Panel adalah anggota serikat FSBKU dan saat ini tersisa sekitar 20 orang saja, tandas Koswara. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.