IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Bupati Tangerang Lakukan Dialog Dengan Buruh Terkait UMK

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (17/09/2015) Menjelang perhitungan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2016, yang saat ini sedang dilakukan kegiatan survey pasar oleh Dewan Pengupahan, Bupati Tangerang melakukan pertemuan dan dialog denngan perwakilan serikat buruh yang tergabung dalam ALTTAR di ruang rapat bagian umum, Kamis (17/9).

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam dialog dengan buruh mengatakan, terkait penetapan angka UMK untuk setuju dan tidak setuju Bupati yang akan menetapkan, sesuai dengan usulan dari dewan pengupahan dan selanjutnya diserahkan kepada Provinsi Banten untuk di sahkan oleh Gubernur Banten. Kabupaten Tangerang tidak ingin kecolongan kembali terkait penetapan UMK tahun 2016, karena sebelumnya UMK Kota Tangerang berbeda dengan Kabupaten Tangerang yang menyebabkan terjadinya protes dari serikat buruh.

“Tahun lalu Kabupaten kecolongan oleh Kota Tangerang terkait UMK, hanya berbeda 2000 mengakibatkan terjadinya aksi protes besar-besaran di Kabupaten”, jelas Zaki.

Lanjutnya, Zaki menjelaskan, Diharapkan untuk kedepan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dapat berada di Kabupaten Tangerang, sehingga bila ada permasalahan antara pengusaha dan buruh tidak perlu lagi dilaksanakan diĀ  Serang yang diliat cukup jauh.

“Pemkab Tangerang siap menyediakan lahan dan selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Hukum dan HAM terkait rencana keberadaan PHI di Kabupaten”, tandas Zaki.

Presidium ALTTAR Koswara mengatakan, kami ingin mengadukan kepada Pemerintah Daerah terkait masih banyaknya pengusaha di Kabupaten yang belum melaksanakan pemberian upah sesuai dengan UMK yang sudah ditetapkan oleh Provinsi Banten. Selain itu masih kurangnya bagian pengawasan yang ada di Disnaker untuk melakukan pengawasan di Kabupaten Tangerang, Ujar Koswara. (Adit/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.