IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Bunga Bugenvil, Untuk Ciri Khas Tiga Gili Lombok Utara

Bugenvil atau juga populer dengan nama kembang kertas merupakan tanaman hias yang menarik perhatian karena memiliki warna cerah dan dapat tumbuh dengan rimbun.

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (02/02/11). Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU), tahun ini mencanangkan program penanaman bunga bugenvil (Bougainvillea, B. glabra) di tiga Gili. Bunga bugenvil tersebut akan ditanam disepanjang pesisir pantai, dengan warna yang berbeda untuk tiap-tiap Gili yakni, bugenvil berwarna merah di Gili Trawangan, warna kuning di Gili Meno dan warna putih di Gili Air.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Kehutanan (DKPPK) KLU, Hermanto kepada wartawan menjelaskan, bunga tersebut mulai hari ini ditanam secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta masyarakat, bertepatan dengan acara ritual Mandi Safar, yang dipusatkan di Gili Trawangan.

Menurut Hermanto, penanaman bunga bugenvil itu sendiri merupakan gagasan Bupati KLU, sebagai ciri khas kawasan Gili, dan juga untuk menambah keindahan pemandangan lingkungan pantai, sekaligus sebagai daya tarik tersendiri bagi ketiga Gili tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Kadis DKPPK itu, untuk mendukung program penanaman bunga bugenvil diseluruh lokasi yang ditentukan di tiga Gili, pihaknya telah menyiapkan sebanyak kurang lebih 8000 ribu bibit. Untuk tahap pertama, hari ini, akan ditanam sebanyak 100 bibit bugenvil merah di Gili Trawangan.

“Sedangkan bibit berwarna kuning dan putih, akan ditanam di Gili Meno dan Gili Air secara bertahap hingga setahun kedepan”, jelas Hermanto.

Selain penanaman bunga bugenvil, pihak DKPPK juga memberikan bantuan sebanyak 2500 bibit pohon kepada masyarakat Gili untuk ditanam disekitar areal perkebunan dan halaman rumah mereka.

Penanaman bunga bugenvil dan beberapa jenis pohon lainnya itu, diharapkan dapat menambah keindahan tiga Gili serta memperkecil efek abrasi dan mampu mengurangi tingkat kepanasan udara didaerah wisata andalan KLU itu. (pul/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.