IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

BNP2TKI Sidak Penampungan TKI Bermasalah

IndonesiaBicara.com-CIPUTAT (03/09/14).  Badan Nasional Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melakukan sidak disebuah Balai Latihan kerja yang berlokasi di Jl. Poncol Raya RT 004/004 no 26 kel Cirendeu kec, Ciputat timur.

Balai Latihan Kerja ini digunakan oleh sebuah Perusahaan tenaga kerja untuk menampung para TKW yang akan diberangkatkan ke luar negeri seperti Malaysia, Singapur Taiwan dan hongkong.

Menurut Direktur Pengamanan dan Pengawasan BNP2TKI Brigjen Bambang Purwanto, BNP2TKI mendapat laporan bahwa di lokasi BLK dan penampungan TKI tersebut sangat tidak layak.

“Seharusnya penampungan ini hanya boleh menampung sebanyak 80 orang namun kondisinya saat ini penampungan digunakan untuk menampung sebanyak 300 orang TKI sehingga kondisi ini sangat tidak layak”, kata Bambang.

Selain itu kamar mandi atau MCK hanya ada 7 kamar mandi yang digunakan oleh 300 orang.

“BNP2TKI akan melaporkan temuan ini kepada Polrestro Jakarta Selatan untuk menindaklanjutinya”, terang Bambang.

Menurut pantauan IndonesiaBicara.com, balai latihan kerja yang sekaligus digunakan untuk penampungan TKI ini mempunyai 4 lantai yang begitu banyaknya TKI yang ditampung di BLK ini cukup penuh sesak oleh TKI.

Sehingga dengan kondisi ini BP2TKI menyatakan lokasi penampungan ini tidak layak dan akan melakukan pemeriksaan dokumen jika ilegal maka BLK ini akan ditutup

Dari 303 calon TKI yang berasal mayoritas dari NTT, Jateng dan Jabar, yang rencana akan dikirim ke Singapura, Malaysia, Taiwan, Hongkong sebagai pekerja non formal. Selain penempatan yang tidak layak ini juga ditemukan 11 orang Calon TKI yang masih dibawah umur dan buta huruf 19 orang. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.