IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Berbagai Aliran Rayakan Idul Fitri Hari Ini

(Sumber : Liputan6.com) Bekasi – Ratusan jemaah Ainul Yakin telah melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Ainul Yakin, Kampung Pondok Benda, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (19/9) pagi. Berdasarkan perhitungan serta keyakinan mereka, Lebaran atau 1 Syawal jatuh pada hari ini.

Khotbah Idulfitri yang disampaikan Nurdin Yatim Husein menekankan sifat tawadu agar sesama umat Islam tak saling memfitnah. Khotib juga meminta polisi tak perlu mencurigai umat Islam. Usai salat Idul Fitri, para jemaah bersalaman dengan Raden Ahmad Zauni, pendiri Majelis Ainul Yakin, dan para jemaah lainnya.

Ratusan jemaah An Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan, pagi tadi, juga sudah mengelar salat Idul Fitri di Lapangan Danau Mawang, Kecamatan Sombaopu. Pengikut aliran ini datang dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Medan, Batam, dan sejumlah daerah di Pulau Jawa. Lebih awalnya Lebaran versi jemaah An Nadzir ini didasarkan pada pengamatan menghilangnya hilal pada akhir Ramadan untuk menetapkan 1 Syawal 1430 Hijriah.

Di Padang, Sumatra Barat, pengikut tarekat Naqsabandiyah juga melaksanakan salat Idul Fitri hari ini. Karena itu, sejak Magrib hingga tadi malam, puluhan pengikutnya mengumandangkan gema takbir serta tahmid tanda telah menyelesaikan ibadah Ramadan. Menurut imam besar aliran tarekat ini, Syafril, penghitungan 1 Syawal berdasarkan Alquran dan disederhanakan Mursyid Malin Mudo, pendiri aliran tarekat Naqsabandiyah seabad lalu.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.