IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

BEM Universitas Lampung Luncurkan Sekolah Politik Bagi Mahasiswa

IndonesiaBicara.com-Bandarlampung, (11/03/12). “Selama ini mungkin orang berpandangan bahwa politik itu selalu berkaitan dengan hal yang jahat dan penuh intrik. Namun politik itu sebenarnya adalah bagaimana agar lawan-lawan kita menjadi kawan, sehingga tujuan-tujuan kita bisa tercapai dengan efektif.”

Demikian disampaikan Budiharjo, Dosen FISIP Unila sekaligus mantan Ketua KPU Bandarlampung 2010 pada peluncuran perdana sekolah politik di Universitas Lampung, Sabtu (10/03).

Sekolah yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila tersebut diikuti oleh 23 orang mahasiswa angkatan baru dari berbagai fakultas yang ada di Unila melalui proses rekruitmen.

Azam Sahroni, selaku Kepala Sekolah Politik BEM Unila, yang juga Asisten Menteri Sosial Politik mengemukakan bahwa Sekolah Politik ini bisa terbilang cukup baru di lingkungan akademik, terutama di Lampung.

“Sekolah ini merupakan sebuah media pembelajaran yang berkonsep layaknya sekolah pada umumnya bagi Keluarga Muda BEM (KMB) Unila. Waktunya akan berlangsung selama tiga bulan mulai hari ini (10/03/12) hingga Mei mendatang, dan selama tiga bulan tersebut, akan ada sekitar 10 pertemuan, yang diadakan rutin setiap pekan,” terang Azam.

Tujuan dari sekolah politik ini untuk membangun keresahan mahasiswa terhadap keadaan perpolitikan bangsa kita saat ini.

“Dengan adanya sekolah ini, harapannya akan terbentuk keresahan-keresahan atas keadaan bangsa kita. Dari sekolah inilah kita akan meluruskan terkait citra masyarakat atas politik. Dan kedepannya, dari Sekolah Politik ini pula mudah-mudahan akan lahir para politikus bangsa yang berkarakter dan bermoral. Sehingga dari mereka-mereka inilah akan lahir lulusan yang akan ikut berkontribusi memperbaiki kondisi bangsa ini,” pungkas Azam.

Seperti sekolah pada umumnya, kedisiplinan dan keaktifan siswa sangat ditekankan. Bagi siswa yang tidak aktif, atau meninggalkan pertemuan sebanyak tiga kali berturut-turut maka terancam akan dicoret atau DO (Drop Out-Red). Dan setelah dinyatakan lulus, para siswa tersebut juga akan diberikan ijazah sebagai tanda kelulusan. (goes)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.