IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Barut Siap Selenggarakan UN, Diikuti 1.213 Siswa

IndonesiaBicara-Muara Teweh, (16/02/10). Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah siap menyelenggarakan ujian nasional (UN) yang dimulai 22 Maret 2010 diikuti sebanyak 1.213 orang siswa dari sejumlah SMA, SMK dan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN). “Saat ini kami sudah melakukan sosialisasi tentang penyelenggaraan UN di sejumlah sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Jamaludin di Muara Teweh, Selasa (16/02).

Menurut Jamaludin, kegiatan UN tahun ajaran 2009/2010 ini diikuti sejumlah siswa dari 13 sekolah negeri dan swasta yakni SMA Negeri sebanyak 574 siswa, SMA swasta 151 orang, SMK negeri 347 dan MAN 141 siswa. Sekolah yang menggelar UN, kata dia, untuk dalam kota Muara Teweh diantaranya SMAN-1, SMAN-2, SMKN-1, SMKN-2 dan MAN, dan sejumlah sekolah negeri di enam kecamatan.

“Penyelenggaran UN ini memang serentak pada Senin (22/3) mendatang dan setiap sekolah ada yang berbeda selesainya, tergantung jumlah mata pelajaran,” katanya didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Periansyah. Jamaluddin juga mengatakan, UN tahun ini pada prinsipnya tidak berbeda jauh dengan kegiatan sebelumnya, dengan UN utama dan ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir.

Namun, kata dia, ada ujian ulangan bagi siswa yang nilai standar kelulusan di bawah rata-rata 5,5. “Jadi siswa yang tidak lulus UN pertama atau tidak memenuhi nilai standar diberi kesempatan mengikuti ujian ulangan,” katanya. Jamaludin menjelaskan, pengawasan UN di dalam kota dilakukan secara silang oleh sejumlah sekolah sedangkan dikecamatan pengawasnya ditunjuk oleh camat setempat.

Selain pengawas dari sejumlah sekolah UN itu, katanya, penyelenggaraan tahun 2010 ini dilakukan dari perguruan tinggi. “Kita harapkan hasil UN tahun ini lebih baik dibanding sebelumnya danĀ  tingkat kegagalan atau keberhasilan merupakan tanggung jawab bersama baik sekolah maupun dinas,” katanya yang tidak memasang target kelulusan. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.